Bantuan Sosial Tunai Di Kota Jogja Akan Segera Cair Bulan Depan

BNews–JOGJA– Dana bantuan sosial tunal (BST) akan segera dicairkan oleh Pemerintah Kota Jogjauntuk warga miskin yang terdampak Covid-19. Bantuan sosial tunai yang bersumber dari APBD Jogja tersebut ditarget bulan ini.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jogja, Maryustion Tonang mengatakan penerima bansos tunai APBD Jogja 2021 untuk beberapa katagori.

Mereka adalah kepala keluarga yang tidak terakomodir dalam Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang jumlahnya sekitar 2.000-an.

Dia berharap bantuan sosial tunai APBD tersebut bisa segera dicairkan bulan ini setelah regulasinya selesai, mengingat pemerintah pusat juga sudah mencairkannya bulan ini.

“Harapan regualsi secapatya selesai Maret ini, karena BST pusat sudah jalan disalurkan, paling tidak mengayem-ayemi masyarakat yang berhak menerima bantuan, membantu pemulihan di masa pandemi,” kata Maryustion, Minggu (14/3/2021). dilangsir harjo.

Maryustion mengatakan regulasi pencairan masih dibahas karena ada perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) terkait hibah bansos tunai.

Perubahan regulasi tersebut diakuinya cukup signifikan sehingga perlu ada penyesuaian melalui Peraturan Wali Kota (Perwal).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Perubahan itu mulanya hibah bansos tersentralisir dananya melalui penganggaran di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan organisasi pemerintah daerah (OPD) terkait lainnya hanya sebatas pelaksana teknis.

Namun belakangan melalui Permendagri yang baru pos anggaran hibah bansos diserahkan melalui OPD terkait, untuk Jogja adalah Dinsosnakertrans.

“Kami bukan bicara lambat atau tidak tapi lebih kepada aspek legalitasnya. jangan sampai apa yang kita lakukan awalnya niatnya baik tapi kalau regulasinya tidak kuat nanti bisa menimbulkan persoalan di kemudian hari,” ujar Maryustion.

Namun untuk nominal bansos tunai, kata dia, dipastikan tidak berubah atau disamakan nominalnya; yakni sama dengan bantuan sosial tunai dari Pemerintah Pusat, yakni Rp1,2 juta.

 Hanya mekanisme penyalurannya yang berbeda. Pemerintah Pusat menyalurkan bansos 3×400.000. Sementara Pemerintah Kota Jogja menyalurkannya sebanyak enam kali Rp200.000. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: