TMMD Ke-115 Sengkuyung Digelar di Lereng Merapi Magelang

BNews–MAGELANG–  Kegiatan TMMD ( Tentara Manunggal Membangun Desa ) Ke-115 Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2022 dibuka Bupati Magelang (11/10/2022). Sekaligus meninjau Kampung Pancasila Di Dusun Bojong, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun (11/10/2022).

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, kegiatan TMMD dilaksanakan dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah; melaksanakan kegiatan serbuan teritorial; mewujudkan RAK juang yang tangguh serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Untuk itu kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Magelang mengucapkan terima kasih; dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran TNI khususnya kepada satuan Kodim 0705/Magelang,” kata, Zaenal.

Lebih Lanjut Zaenal menyampaikan bahwa pada saat Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2022 kemarin, Ia telah mencanangkan Kampung Pancasila di Kabupaten Magelang secara serentak yang terpusat di Dusun Ngapus Desa Kalisalak Kecamatan Salaman.

Dengan pembentukan Kampung Pancasila di Dusun Bojong, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun ini diharapkan dapat menjadi satu media pembelajaran nilai-nilai luhur Pancasila, serta menumbuhkan kerukunan meski beragam agama, budaya dan bahasa serta untuk menginternalisasi dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Ia berharap agar pembumian nilai-nilai luhur Pancasila bisa lebih kuat menancap dalam hati sanubari masyarakat sejalan dengan tekad kuat dalam menjaga harmoni kehidupan, mengedepankan semangat kebersamaan, toleransi, gotong royong, persatuan dan kesatuan demi terhindar dari perpecahan.

“Saya yakin dengan pencanangan Kampung Pancasila ini akan menjadi contoh yang baik bahwa kita hidup berdampingan dengan keberagaman. Kalau kita rukun apapun bisa terwujud, sebaliknya kalau kita tidak rukun, toleransi kita tidak tinggi, dan tidak bisa hidup berdampingan, maka apapun yang kita cita-citakan tidak akan bisa terwujud,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara Danramil Dukun, Kapten Arm Wadi dalam laporannya menyampaikan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2022 dilaksanakan Tanggal 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022 dengan sasaran kegiatan fisik pembuatan Cor Blok jalan dengan panjang 682 meter dengan lebar 2 meter dan tebal 0,12 meter.

Sedangkan Kegiatan Non Fisik yang akan dilaksanakan antara lain penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Kamtibmas/Narkoba, dan Penyuluhan Kesehatan. Untuk personil yang terlibat terdiri dari Kodim 0705/Magelang 1 SST, Interdep 5 orang, dan masyarakat 50 orang/hari.

“Diharapkan melalui pembangunan cor blok tersebut dapat memperlancar arus transportasi antar desa dan antar kecamatan; meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan jiwa gotong royong masyarakat, dan meningkatkan kemanunggalan TNI rakyat,” ungkapnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!