IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Wawali Magelang Hadiri Prosesi Selamatan Penemuan Pusaka Keris Kebo Tengen

BNews—MAGELANG— Warga Kampung Nambangan, Kelurahan Rejowingun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang menggelar kegiatan selamatan penemuan pusaka Keris Kebo Tengen. Tradisi itu dihadiri oleh Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina.

Prosesi ritual atau selamatan digelar di musala dekat Petilasan Ki Tambang Yudho yang dikenal sebagai leluhur atau pendiri kampung. Warga memasang tetenger di lokasi penemuan pusaka.

Selamatan sendiri dilaksanakan tepat satu minggu setelah penemuan pusaka Keris Kebo Tengen. Dimana, keris itu ditemukan oleh sesepuh setempat lewat mimpi. Dalam kegiatan itu, hadir pula, perangkat kelurahan, budayawan, perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh agama.

”Selaku pribadi, karena saya warga Kampung Nambangan. Sangat antusias karena keberadaan Ki Tambang Yudho diyakini betul oleh warga,” terang Widarti usai acara, kemarin (17/01).

Dia berharap tradisi ini bisa terus dilestarikan. Pemerintah akan berupaya memberikan dukungan penuh atas penemuan jejak leluhur di Kota Magelang.

“Kalau warga komitmen, akan diusahakan dukungan penuh,” ujarnya.

Dalam prosesi selamatan itu, warga kemudian menuju ke lokasi petilasan. Sembari membawa bunga dan dupa sebagai sarana prosesi selamatan.

Loading...

Kemudian, secara simbolis, Wakil Walikota Magelang menancapkan tetenger di atas Petilasan Ki Tambang Yudho. Mengingat lokasi penemuan merupakan tanah pribadi, maka akan dilakukan kajian lebih lanjut.

Sementara pusaka dipegang oleh pemilik tanah bernama Utomo hingga ada keputusan selanjutnya.  ”Kulo ijinke (menggali), ko ternyata estu (saya ijinkan (menggali) dan ternyata beneran ada),” ujar Utomo.

Untuk sementara, lokasi penemuan di pasang pagar bambu beratap terpal. Pusaka, akan dibersihkan, dijamas dan diberikan warang (tempat keris). (cr1/bn1)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: