Baru Tahu.. Ternyata Perkedel Yang Sering Kamu Makan Adalah Sebuah Singkatan, Ini Kepanjangannya

BNews—MUNGKID— Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Bahkan rendang dan nasi goreng menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

Selain menu makanan utama, makanan pendamping yang rasanya tak kalah enak menjadi idola masyarakat. Salah satunya adalah perkedel.  Makanan yang berbahan dasar kentang dan telur ini emang paling cocok disantap berdampingan dengan soto.

Meskipun menjadi salah makanan favorit, masyarakat belum banyak tahu jika perkedel merupakan sebuah singkatan. Yakni kepanjangan dari Persatuan Kentang dan Telur.

Penjabaran singkatan dari perkedel itu diungkapkan pengguna Twitter @uniqoriya. ”Baru tau kepanjangan ’PERKEDEL’ Persatuan Kentang dan Telur. TERCENGANG SENDIRI,” cuitnya.

Dihimpun Borobudur News dari berbagai sumber, perkedel merupakan makanan yang terbuat dari kentang tumbuk yang dicampur menggunakan daging cincang. Kemudian dicampur irisan daun bawang, seledri, serta bumbu-bumbu yang kemudian dibentuk bulat gepeng. Lalu dicelupkan dalam kocokan telur, sebelum akhirnya digoreng.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Nama perkedel sendiri sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda ’Frikadel’. Makanan asli dari Eropa yang terbuat dari lumatan daging cincang dan kemudian digoreng.

Bila dibandingkan dengan versi Eropa, perkedel di Indonesia lebih banyak terbuat dari kentang. Dan hanya diberi sedikit atau bahkan nggak ada campuran daging cincang ataupun kornet seperti Frikadel.

Selain kentang, sejumlah masyarakat Indonesia selama ini diketahui juga senang membuat kreasi dengan mengganti bahan utama perkedel menjadi ubi jalar ataupun tahu. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: