Batu Nisan Di Pemakaman Ini Bisa Tersambung Bluetooth Smartphone, Ini Fungsinya

BNews–NASIONAL-– Sebuah layanan bernama Nichiryoku ini semakin banyak diminati warga di Negara Jepang. Dimana layanan tersebut berkaitan dengan urusan Buddha di Jepang mengumumkan telah merilis batu nisan yang memiliki teknologi Bluetooth, dengan sistem Omori Grave Visit.

Melansir Japan Today, Rabu (30/12/2020) Omori Grave Visit adalah sistem nisan elektronik pertama di Jepang yang memanfaatkan Bluetooth Low Energy (BLE). Teknologi ini dapat dihubungkan melalui smartphone pelayat. Nisan elektronik ini terletak di Pemakaman Yachiyo Yukyu no Sato di Prefektur Chiba.

Sistem ini memungkinkan pelayat membawa alat khusus mereka saat berkunjung, dengan mengaktifkan teknologi BLE tersebut. Saat pelayat tersebut mengaktifkan bluetooth smartphone, nisan elektronik ini dapat menampilkan nama orang yang meninggal, tanggal kematian. Bahkan ada foto orang yang meninggal tersebut.

Saat pelayat meninggalkan pemakaman, dalam periode waktu tertentu batu nisan tersebut akan beralih ke gambar default dengan menampilkan kata Hikari yang berarti cahaya. Setelah itu berakhir ke layar pengaturan awal. Selain itu data nama yang ditampilkan dalam nisan elektronik tersebut juga dapat dirancang bebas.

Alasan di balik penemuan baru ini adalah agar lebih praktis dan efisien. Batu nisan ini dibuat karena angka kelahiran yang menurun dan populasi yang menua serta peningkatan jumlah kaum lajang. Selain itu karena mahalnya harga batu nisan di Jepang. Di negara sakur ini, batu nisan dapat menelan biaya hingga tujuh juta yen, sehingga membuat teknologi nisan elektronik ini mungkin akan semakin diminati.

Bagi mereka yang meninggal tanpa anggota keluarga di dekatnya batu nisan elektronik yang lebih murah ini bisa digunakan sebagai solusi.

Meski hemat biaya dan ruang, nisan elektronik tersebut tidak terlalu diminati bagi mereka yang ingin benar-benar berkabung untuk orang yang dicintai. Menurut mereka teknologi ini bisa jadi sedikit terlalu impersonal.

Batu nisan elektronik ini dibanderol dengan harga sekitar 290.000 yen. Meskipun tidak super murah namun harganya masih jauh lebih murah daripada metode lain. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: