Bayi Ditemukan Di Kebun Kalibawang Ternyata Baru Lahir, Masih Ada Ari-Ari

BNews-JOGJA- Seorang perempuan lanjut usia yang sedang sibuk menyabit rumput di kebun menemukan bayi laki-laki diperkirakan baru lahir, 30 Agustus 2023.

Lokasi penemuan bayi di kebun area Pedukuhan Beku, Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bayi laki-laki yang baru saja lahir ditemukan dalam kondisi menangis dan tergeletak di tengah pohon-pohon. Kondisi bayi dalam keadaan telanjang dan masih memiliki tali pusar yang terhubung dengan ari-ari.

Sayem, seorang perempuan berusia 60 tahun, adalah orang pertama yang menemukan bayi tersebut sekitar pukul 11.30 WIB.

Kepala Dusun setempat, Suranto segera mendatangi tempat kejadian. Bayi yang tergeletak di tanah di dekat saluran air yang mengering tersebut kemudian dibawa ke tempat yang lebih aman.

Kebun di mana bayi ditemukan adalah milik seorang pria bernama Samirin. Lokasi tersebut memiliki kontur tanah yang miring di bawah jalan, serta dikelilingi oleh pohon-pohon keras seperti jati, sonokeling, dan mahoni.

Terletak sekitar 200 meter di bawah jalan kabupaten, kebun ini berada di antara makam Nyi Ageng Serang dan Dusun Ngemplak.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Meskipun begitu, lokasi bayi ditemukan cukup dekat dengan pemukiman warga, sekitar 100 meter dari salah satu rumah.

Tim medis dari Puskesmas segera tiba di lokasi untuk memberikan pertolongan pertama kepada bayi tersebut. Kemudian, bayi tersebut dibawa ke Puskesmas Kalibawang untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan awal yang dilakukan di Puskesmas mengindikasikan bahwa bayi laki-laki ini benar-benar baru dilahirkan. Tali pusar yang masih melekat serta adanya bercak darah menjadi bukti nyata bahwa bayi tersebut baru mengalami proses kelahiran.

Bayi ini memiliki berat 3.150 gram dan tinggi 48,5 cm, dengan kondisi kesehatan yang cukup baik.

Kepolisian setempat turut terlibat dalam investigasi kasus ini. Mereka berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk menangani situasi lebih lanjut.

Pihak Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kulon Progo mengambil alih penanganan bayi ini dari pihak kepolisian dan Puskesmas.

Meskipun demikian, identitas bayi ini masih belum terungkap, dan pihak kepolisian masih melakukan pencarian untuk menemukan orangtua bayi yang ditemukan ini.

Hery Kurniawan, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinsos PPPA Kulon Progo, menjelaskan bahwa bayi tersebut dalam kondisi sehat namun kurang aktif.

Oleh karena itu, upaya pertama dilakukan untuk menjaga stabilitas kesehatannya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates. Sementara itu, pihak kepolisian akan terus menyelidiki identitas dan asal-usul bayi tersebut secara paralel.

“Prioritas utama kami saat ini adalah kesehatan dan kesejahteraan bayi. Kami juga akan terus bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai latar belakang dan orangtua bayi ini.” (*/kompas)

@borobudurnews

Kejadian penemuan siang ini (30/8/2023). Bayi berjenis kelamin laki laki. Sudah dalam penanganan petugas medis Puskesmas setempat untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan. Semoga yang membuang bayi dibuka pintu hatinya…amin Note : Video kondisi bayi digendong warga dan berikutnya TKP penemuan Bayi . . #BorobudurNews #Kalibawang #Kulonprogo #Bayi #PembuanganBayi

♬ Instrumen Sedih – Yuda pratama

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!