Bayi Lima Bulan dan Ibunya di Purworejo Tertular Virus Corona Usai Ayahnya Pulang dari Gowa

BNews—PURWOREJO— Penambahan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo terus bergerak. Kemarin (5/4/2020) dua pasien positif merupakan seorang ibu dan anak.


Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Purworejo dr Darus, mengatakan pasien itu merupakan seorang ibu berumur 38 tahun. Kemudian bayinya berusia lima bulan.


Keduanya diduga kuat terpapar virus Corona dari ayahnya. “Bapak bayi itu lebih dulu diisolasi di RS RAA Tjokronegoro karena hasil rapid tesnya reaktif,” ungkap dia.

Namun, diduga kuat bapak itu sudah menularkan virus kepada istri dan anaknya. Tidak berapa lama setelah suaminya positif rapid, muncul gejala demam tinggi pada bayi dan hasil tes cepatnya juga reaktif.

Ketika ibunya dites cepat, hasilnya juga reaktif.
Ibu dan bayi itu kemudian dirawat di RSUD Dr Tjitrowardojo sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Ayah juga muncul gejala, kemudian dirujuk ke Dr Tjitro, kemudian keluar hasil tes swabnya terkonfirmasi positif. Ketiganya dalam perawatan dan kondisinya sudah stabil, harapan kami semoga sembuh dalam waktu dekat,” terangnya.


Petugas kesehatan terus melakukan penelusuran orang-orang yang kontak dengan ketiga pasien itu. “Kami sudah informasikan kepada pemerintah di kecamatan dan desa tempat tinggal pasien, apabila ada yang pernah kontak dengan pasien positif, diminta isolasi mandiri di rumah,” katanya.

Darus mengemukakan, dengan tambahan dua pasien ini jumlah kasus positif Covid-19 di Purworejo mencapai 44 orang. Dia mengatakan Pemkab terus bekerja keras menutus rantai penyebaran virus ini.


“Kunci memutus rantai penularan Covid-19 adalah dengan menjaga jarak, selalu memakai masker di luar rumah, dan rajin cuci tangan pakai sabun sesering mungkin,” katanya. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: