Percepat Penanggulangan Covid, Pemprov Jateng Bentuk 6 Korwil

BNews—JATENG—Pemprov Jateng akan membentuk enam koordinator wilayah (korwil) sebagai upaya mempercepat penanganan Covid-19. Direncanakan korwil tersebut tersebar di enam eks karesidenan yang ada di Jateng.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menuturkan tugas korwil adalah memastikan penanggulangan Covid-19 atau pandemi respons bisa dilakukan dengan cepat, baik, dan benar. Termasuk komunikasi pun bisa menjadi lebih intens dan penyelesaian persoalan yang dihadapi daerah kabupaten/kota di wilayah eks keresidenan.

”Kita buat korwil untuk menanggulangi ini. Karena ada enam eks karesidenan, kami mau bentuk enam korwil,” tuturnya, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, di Jateng ada enam eks karesidenan, yakni Eks Karesidenan Banyumas, Pati, Kedu, Pekalongan, Semarang, dan Surakarta. Keberadaan korwil mempermudah koordinasi tracing yang intensif, serta mengatur kerja sama dengan banyak pihak.

”Misalnya kami kemarin minta adanya percepatan laporan data yang real time, khususnya yang dari laboratorium, tapi tidak semua yang bisa langsung dapat mengupdate. Karenanya harus ada yang mengkomunikasikan,” jelas Ganjar.

Selain itu, kata Ganjar, keberadaan korwil juga mempermudah koordinasi hal-hal lainnya. Salah satunya, tenaga surveilans terlatih yang mulai 1 Juli ini dilepas untuk membantu penanganan Covid-19.

”Diperlukan ada yang mengkoordinasikan dengan harapan, nantinya kendali di setiap eks karisidenan betul-betul clear,” imbuhnya.

Tambah Ganjar, di 35 Kabupaten/kota yang ada di Jateng, terdapat 13 daerah yang perlu perhatian khusus. Dua di antaranya masuk zona merah, yakni Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Sementara 11 daerah lain yaitu sebagian besar berada di wilayah Pantura. Dari Rembang, Kudus, Jepara, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, sampai Brebes kemudian ditambah Kabupaten Semarang dan Salatiga.

“Karena persebarannya sebenarnya merata, maka kita buat Satkorwil itu. Sebagai langkah percepatan agar hal-hal yang bersifat koordinatif bisa langsung cepat diselesaikan,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: