Begini Cara Amankan WhatsApp dari Pembajakan

BNews—MAGELANG— Belakangan marak terjadi kasus penipuan dengan membajak WhatsApp pejabat pejabat. Penipu menggunakan WA untuk mengelabuhi korbannya.

“Pembobolan WhatsApp sangat mudah dilakukan. Dari aplikasi WhatsApp manapun bisa dilakukan lalu isi nomor yang diincar pada ‘old phone number, dan nomor HP yang membajak pada ‘new phone number’,” kata pengamat keamanan internet Alfons Tanujaya, kemarin.

Selanjutnya, modus ini akan mengirimkan konfirmasi ke nomor WhatsApp yang ingin digantikan. Semudah itu, karenanya Alfons mengingatkan pengguna untuk menjaga keamanan akunnya.

“Jangan pernah menyetujui konfirmasi penggantian nomor WA jika tidak melakukannya,” sarannya.

Selain itu, pengguna juga disarankan untuk menerapkan fitur keamanan tambahan dengan mengaktifkan Two-Step Verification atau verifikasi dua langkah.

“Caranya, di WhatsApp tap: [Settings][Accounts] [Two-step verification]. Kalau sudah di PIN itu sudah maksimal,” ujarnya memberikan panduan.

Sebelumnya juga ramai diperbincangkan isu pembajakan akun WhatsApp kembali mencuat setelah viral penangkapan Ravio Patra karena tuduhan provokasi kerusuhan. Ada dugaan WhatsApp sang aktivis diretas. Bola kini ada di tangan tim advokasi Ravio untuk membuktikan adanya peretasan tersebut. (her/wan)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: