Begini Kabar Terbaru Proyek Tol Yang Bakal Menghubungkan Yogya-Bandung

BNews—NASIONAL—Kementrian PUPR mematangkan proyek pembangunan jalur tol Bandung – Yogyakarta. Direncanakan proyek infrastruktur tersebut akan digarap mulai tahun 2021 mendatang.

Diketahui sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR telah melaksanakan prakualifikasi pelelangan atau tender. Pada proyek jalan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap sepanjang 206,65 kilometer mulai Agustus 2020.

Proyek tersebut merupakan Proyek Atas Prakarsa Badan Usaha (Unsolicited Project) dengan Hak Menyamakan Penawaran (Right to Match). Ruas Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap tersebut juga menjadi jalan tol baru yang diajukan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Kemudian rencana pembangunan ruas jalan tol Cilacap – Yogyakarta akan mulai dibangun pada kuartal IV 2021. Ruas tersebut rencananya masuk dalam proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Selain itu, setidaknya ada 25 proyek infrastruktur yang bakal digarap tahun depan melalui skema KPBU. Dari puluhan proyek tersebut ada yang sudah dalam proses tender dan sedang ditawarkan dengan nilai mencapai Rp 278,35 triliun. 

”Proyek KPBU yang akan ditawarkan di 2021 dari kuartal I, II, III, hingga kuartal IV, mulai dari pemukiman, perumahan, sumber daya air, jalan, dan jembatan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Senin (14/12/2020). Dikutip dari Kumparan. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: