Begini Meriahnya Hari Makan Ikan Nasional di Magelang

0
265
IKAN : Lomba menggambar dalam rangka Hari Ikan Nasional yang diselenggarakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang (11/12)--(Foto--rth)
IKAN : Lomba menggambar dalam rangka Hari Ikan Nasional yang diselenggarakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang (11/12)--(Foto--rth)

BNews–MUNGKID– Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional Ke-5, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, menggelar GERAKAN GEMAR MAKAN IKAN (GEMARIKAN) di Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Bojong Mungkid. Acara yang digelar pada 11-12 Desember 2018 ini diisi berbagai rangkaian acara.

Untuk agenda kegiatan pada hari pertama antara lain Lomba Deklamasi, Lomba Melukis dan Lomba Memasak. Sedangkan pada hari kedua agendanya Senam Gemar Ikan dan Lomba Mewarnai.

Acara ini dibuka dengan penampilan tari soreng dari siswa SD, di tengah- tengah acara dalam Sambutannya Bupati Magelang yang diawakili oleh Asisten 2 Setda Magelang Agung Trijaya, mengatakan bahwa ikan adalah salah satu sumber gizi yang manfaatnya sungguh besar bagi kesehatan dan Kecerdasa, dalam hal ini tingkat konsumsi ikan Kabupaten Magelang masih rendah. “Menurut data tingkat komsumsi ikan Kabupaten Magelang baru mencapai 18,61 kg/kapita/tahun masih jauh dari tingkat nasional sebesar 45,11 kg/perkapita/tahun,” katanya.

“Ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk meningkatkan tingkat komsumsi Kabupaten Magelang, maka untuk meningkatkan konsumsi ikan kita perlu membudayakan gemar makan ikan sejak dini,” imbuhnya.

“Dengan acara seperti ini harapanya tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkomsumsi ikan yang aman, sehat dan bergizi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” tambanya.

Sementara itu menurut Kepala dinas Peternakan dan Perikanan Ir. Sri Hartini mengungkapkan tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan gemar makan ikan khususnya anak anak. “Anak anak adalah penerus bangsa, maka dari itu sasaran utama acara ini adalah anak anak , dengan aneka perlombaan yang diikuti oleh anak anak harapanya kedepan tingkat komsumsi ikan akan meningkat,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa potensi ikan di Kabupaten Magelang ini sudah cukup lumayan, akan tetapi tingkat konsumsi masih rendah. “Dalam hal ini kami sudah berupaya dengan penebaran benih benih di desa desa, pelatihan pelatihan tentang pengelolaan ikan oleh ibu ibu pkk dan sosialisasi Gemar Makan Ikan kepada anak-anak,” imbuhnya.

Senada dengan yang diungkapkan Kadis Peterikan, Ketua TP PKK Tanti Zaenal Arifin mengatakan bahwa PKK mendukung penuh dalam meningkatkan tingkat konsumsi ikan kabupaten magelang. “Kami mendukung penuh Dinas Peternakan dan Perikanan dalam meningkatkan tingkat konsumsi Ikan dengan Sosialisasi serta Pelatihan Pengolahan Ikan bagi ibu-ibu PKK”, paparnya.

“Dengan Pelatihan tersebut harapanya ibu-ibu dapat menghadirkan inovasi – inovasi olahan ikan kepada keluarganya, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kegemaran makan ikan” pungkasnya. (rth-bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here