Kebakaran, 25 Pendaki Masih ada di Atas Gunung Sumbing

BNews—KALIANGKRIK—Sejumlah pendaki gunung masih terpantau berada di atas Gunung Sumbing saat gunung tersebut terbakar, semalam. 25 pendaki tersebut dipantau naik melalui jalur Butuh Kaliangkrik.

Kepala BPBD Kabupaten Magelag Edy Susanto mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pos pendakian. “Tadi di pos butuh (Kaliangkrik) melaporkan ada 25 pendaki. Semua sudah kita minta turun,” kata Edy.

Advertisements


Pihaknya mengatakan semua jalur pendakian via Magelang sudah ditutup. Hal itu untuk mengantisipasi adanya kebakaran yang lebih luas.


Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS) juga mengeluarkan surat edaran penutupan pendakian sementara. Surat tersebut dikeluarkan bersamaan munculnya titik api kebakaran di lereng gunung Sumbing Minggu sore (11/8).

Surat pengumuman No: 06/SE/VIII/FPGS/2019 berisikan hasil koordinasi semua basecame pendakian Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Wonosobo maupun Kabupaten Magelang. Hasilnya tentang penutupan Jalur Pendakian Gunung Sumbing karena Kebakaran di kawasan Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang.

“Pendakian Gunung Sumbing Semua Jalur Ditutup Sementara Mulai 11 Agustus 2019 Sampai Batas Waktu Yang Belum DItentukan,” tulis surat edaran tersebut.

Hal ini dikeluarkan karena untuk upaya pemadaman dan pencegahan ke wilayah jalur pendakian. Surat edaran tersebut ditanda tangani oleh Koordinator FPGS Lilis Setiyawan dan dikeluarkan Minggu malam 11 Agustus 2019. (bsn/bn1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: