Begini Resep Masak Sate Kecap Kambing Agar Tidak Cepat Gosong

BNews—NASIONAL—Hari raya Idul Adha identik dengan masakan olahan daging kambing dan sapi. Salah satunya adalah memasak daging menjadi sate. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat juga cukup mudah dicari.

Berikut bahan dan cara mengolah daging kambing menjadi sate untuk porsi 30 tusuk.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang disiapkan, antara lain 350 gram daging kambing, dipotong kotak 2x2x1 cm. Kemudian siapkan 150 gram lemak kambing , dipotong kotak 2x2x1 cm.

Selanjutnya, dua sendok makan kecap manis dan satu sendok makan minyak goreng. Jangan lupa juga siapkan 30 buah tusuk sate.

Bumbu Halus

Bumbu-bumbu yang disiapkan, antara lain satu sendok makan ketumbar bubuk. Kemudian cabai merah keriting dan cabai merah rawit masing-masing tiga buah.

Kemudian 1/2 sendok teh garam, Untuk bahan sambal kecapnya adalah lima sendok makan kecap manis. Bawang merah lima butir yang diiris halus dan delapan cabai rawit hijau yang sudah diiris.

Sebagai pelengkap sajian sate, dapat disiapkan tiga buah lontong yang dipotong-potong. Dua buah tomat merah, diiris dan satu jeruk nipis.

Cara Memasak

Pertama, campur daging dan lemak kambing, bumbu halus, kecap manis, dan minyak goreng. Kemudian, remas-remas dan diamkan selama satu jam.

Langkah kedua adalah tusuk daging dan lemak bergantian di tusuk sate. Selanjutnya bakar sampai setengah matang.

Langkah selanjutnya adalah oleskan kecap dan bumbu. Kecap mudah meresap ke daging dan membuat cita rasa sate menjadi lebih nikmat.

Namun perlu diperhatikan adalah kecap dapat membuat sate cepat hangus. Sehingga lebih baik untuk mengoles kecap saat daging sate sudah setengah matang dan jangan dioleskan ketika daging masih mentah.

Dengan begitu, kecap tidak terbakar terlalu lama sehingga kemungkinannya menjadi hagus pun bisa dihindari. Langkah selanjutnya yakni kucurkan jeruk nipis diatas sate, namun perlu diperhatikan bahwa bahan asam seperti cuka atau jerus nipis jangan digunakan ketika proses pembakaran.

Download Musik Keren Disini

Hal ini karena bahan tersebut dapat membuat makanan yang dibakar jadi lebih cepat menyokelat. Meskipun tidak sampai membuat hangus tapi membuat tampilan sate menjadi kurang menarik sehingga kucurkan jeruk nipis ke sate dan segarnya akan terasa.

Langkah terakhir yakni sajikan sate bersama sambal kecap dan pelengkapnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: