HUT KOTA MUNGKID 36 PDAM

Misteri Perempuan Berambut Panjang di Gedung Bekas UGM Magelang

BNews—MAGELANG— Belum banyak yang tahu, bila Kota Magelang pernah berdiri sebuah kampus negeri bernama Universitas Gadjah Mada. Kampus UGM Cabang Magelang itu berlokasi di lingkungan eks Karesidenan Kedu.

Bangunan yang didirikan pada tahun 1963 tersebut kini kondisinya mangkrak. Tidak digunakan. Salah satu bangunan yang paling mencolok adalah keberadaan sebuah monumen yang menjadi perlambangan bila kampus UGM pernah ada di Magelang.

Iklan PT Segara Rizky HUT Kota Mungkid
IKLAN  KOLEKTIF 1 HUT KOTA MUNGKID 36
BAPAS HUT KOKID 36

Saat itu, kampus tersebut memiliki tiga fakultas prestise diantaranya Hukum, Teknik dan Ekonomi. Informasi yang dihimpun Borobudur News, sebelum eksistensi UGM Cabang Magelang ’dimatikan’ pada tahun 1978, kampus tersebut sempat menerima 1.855 mahasiswa. Hingga akhirnya segala aktivitas perkuliahan dipindah ke UGM pusat di Jogjakarta.

Menurut Budi yang mengaku sebagai penjaga bangunan bekas kampus UGM Cabang Magelang, sejak tahun tersebut kondisinya terbengkalai dan jarang dijamah manusia. Tanaman liar juga tumbuh berdampingan dengan bangunan tersebut. Kaca dan pintu kusen sudah banyak yang rusak.

”Tempat ini sempat beberapa kali digunakan sebagai lokasi uji nyali. Tahun 2013 lalu dari salah satu stasiun televisi swasta pernah shooting karena tertarik dengan mitos keangkerannya,” katanya.

Baca Juga: Kisah Penjaga Kamar Mayat di Magelang Potongan Kaki Berjalan Sendiri
Loading...

Ia menjelaskan, bila bangunan yang berada di area bekas kantor pemerintahan Hindia Belanda itu terdapat beberapa makam yang tidak diketahui keberadaannya. Kecuali satu makam yang diduga sebagai kuburan istri salah satu pejabat Hindia Belanda saat itu yang ditandai dengan bangunan berbentuk kotak di samping kanan belakang bangunan.

”Di sana sosok perempuan berbaju putih dengan rambut panjang hingga menyentuh lantai dan bermuka rata yang sering terlihat,” jelas Budi.

Termasuk dirinya kerap melihat sosok berwarna hitam yang sering muncul dan seperti sengaja ingin berinteraksi. Selain itu, Ia mengaku pernah merasakan hal gaib. Tubuh bagian belakang panas seperti terbakar.

”Saking panasnya badan tidak bisa bergera,” kenangnya.

Sementara, salah satu warga setempat yang mengaku bernama Waribi menjelaskan bila beredar rumor bahwa makam yang tidak lagi diketahui keberadaannya karena kampus UGM Cabang Magelang dibangun di atas perkuburan. Pembangunan dilakukan tanpa memindah jazad yang sebelumnya disemayamkan disitu.

”Itu kenapa tidak jarang penampakan kerap terjadi dan beberapa titik di lantai bangunan mengeluarkan pancaran. Tetapi saat dihampiri, cahaya tersebut hilang,” pungkas dia. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: