Begini Riwayat Enam Pasien Baru dan Tiga Meninggal di Kabupaten Magelang

BNews—MAGELANG—Kasus positif Covid-19 kembali bertambah di Kabupaten Magelang, Sabtu (29/8/2020). Dilaporkan ada enam pasien baru dan salah satunya meninggal dunia. Serta dua pasien positif telah sembuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi membenarkan penambahan pasien positif tersebut. “Keenam pasien tersebut yakni tiga orang dari Mertoyudan dan masing-masing satu dari Borobudur, Kajoran dan Tegalrejo,” katanya.

Namun dari keenam pasien positif baru tersebut, kata Nanda salah satunya meninggal dunia berasal dari Mertoyudan. “Pasien tersebut sebelumnya merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), namun hasil swab keluar positif. Dan meninggal dunia dengan status positif,” imbuhnya.

Diketahui bahwa satu pasien yang meninggal asal Mertoyudan tersebut merupakan seorang pria berusia 54 tahun. Ia dirawat di RSU Tidar pada tanggal 25 Agustus 2020 dengan riwayat stroke dan TBC.

”Yang bersangkutan kemudian melakukan uji swab namun sebelum hasilnya keluar, ia meninggal dunia pada Jumat,(28/8/2020) sore. Untuk hasil swab keluar hari ini (29/8/2020) dan menyatakan yang bersangkutan positif Covid-19,” jelas Nanda.

Kemudian pasien dari Mertoyudan lainnya, saat ini sedang dirawat di RSU Tidar. Ia merupakan seorang pria, 59, dan memiliki riwayat batuk disertai sesak nafas. Setelah di uji swab dan hasilnya keluar, menunjukkan bahwa yang bersangkutan positif Covid-19.

”Yang bersangkutan ini kesehariannya adalah seorang petani. Untuk riwayatnya, tidak ada perjalanan maupun kontak erat pasien konfirmasi. Satu pasien lainnya, juga merupakan seorang pria, 58, memiliki riwayat perjalanan dan dirawat di RSU Tidar sejak 24 Agustus 2020 dengan keluhan batuk disertai sesak nafas. Setelah uji swab dan hasilnya positif Covid-19,” ujarnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Lanjut Nanda, satu pasien asal Borobudur merupakan seorang pria, 62, yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah pada tanggal 20 Agustus 2020. Ketika pulang, yang bersangkutan mengalami batuk, sesak nafas dan badan panas selama empat hari. Kemudian dirujuk ke RSU Tidar pada 26 Agustus 2020.

”Yang bersangkutan menjalani uji swab dan hasilnya keluar pada 29 Agustus 2020. Menunjukkan hasilnya positif Covid-19,” imbuhnya.

Sementara dua pasien positif lainnya, kata Nanda, merupakan kontak erat pasien positif dan menjalani isolasi mandiri. Pasien asal Kajoran merupakan seorang perempuan berusia 33 tahun dan yang asal Tegalrejo adalah pria berusia 16 tahun.

Masih dalam kasus pasien positif covid-19, hari ini Pemkab Magelang melaporkan juga terdapat dua pasien sembuh. “Dua pasien positif sembuh ini berasal dari Kecamatan Borobudur,” ujarnya.

Kedua pasien merupakan pria dan memiliki riwayat perjalanan. Salah satunya berusia 49 tahun dan lainnya berusia 47 tahun.

Dengan update data tersebut maka pasien positif Covid-19 yang masih dirawat maupun isolasi mandiri berjumlah 53 orang. ”Angka itu dari jumlah sebelumnya 50 orang ditambah enam pasien baru, dikurangi dua pasien sembuh dan satu meninggal dunia,” imbuhnya.

Nanda juga menyampaikan dua PDP meninggal dunia dilaporkan hari ini. “Untuk PDP meninggal dunia ini keduanya berasal dari Kecamatan Muntilan,” ungkapnya.

Salah satu PDP yang  meninggal merupakan seorang perempuan, 65, memiliki riwayat batuk lama disertai nyeri saat menelan dan badan panas. Yang bersangkutan telah melakukan uji swab namun hasilnya belum keluar dan meninggal pada 28 Agustus 2020.

”Satu kasus lainnya, juga merupakan seorang perempuan berusia 51 tahun. Meninggal pada 28 Agustus 2020 pukul 19.55,” jelas Nanda.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

“Untuk PDP tidak ada penambahan, setelah dua PDP meninggal dunia terdapat juga yang alih status konfrimasi jadi Positif asal Borobudur. Sehingga jumlah PDP saat ini masih 11 orang, setelah data sebelumnya 15 dikurangi empat alih status meninggal dunia dan positif,” paparnya.

Sedangkan untuk ODP, pada 29 Agustus 2020, berjumlah 10 orang. Data ini tidak berubah dari hari sebelumnya.

Untuk jumlah kumulatif pasien positif yang sembuh, hingga kini sebanyak 196 orang. Sedangkan PDP sembuh hingga saat ini mencapai 384 orang.”Untuk kasus meninggal dunia sendiri yakni dalam status PDP menjadi 56 orang. Sedangkan meninggal dunia dengan status positif berjumlah 9 orang,” pungkasnya. (bsn/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: