Belum Ada Relawan Pemakaman Covid, Banser Kabupaten Magelang Terjunkan Tim

BNews–MAGELANG– Kasus covid di Kabupaten Magelang diketahui bersama meningkat beberapa waktu terakhir ini. Selain tambahan pasien positif, juga banyak warga meninggal dunia terkonfirmasi covid-19.

Oleh karena itu, sejumlah anggota Banser Tanggap Bencana (BAGANA) Cabang Kabupaten Magelang, Koryon Salaman ikut turun lapangan. Mereka turut serta dalam membantu pengurusan sampai pemakaman jenazah warga yang terkonfirmasi maupun suspek covid-19.

Anggota BAGANA Karyon Salaman ini sudah dibekali dengan keahlian menjalankan prosesi pengurusan jenazah terkonfirmasi Covid-19. Mereka bersama melakukan dengan petugas dari Dinas Kesehatan serta petugas dari pihak Rumah Sakit.

Salah satunya saat melakukan proses pemakaman warga di wilayah Kecamatan Salaman. Mereka melakukan sinergitas antar elemen, yakni BAGANA, Pemdes Kalisalak, Dinas Kesehatan, Polsek dan Koramil Salaman. Serta masyarakat setempat yang senantiasa dikedepankan.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Salaman, M Zainul Arif menuturkan khidmah sahabat-sahabat Banser ini selain sebagai bentuk panggilan kemanusiaan juga sebagai salah satu langkah nyata. Yakni secara spesifik untuk memastikan bahwa proses demi proses terkait penanganan jenazah Covid-19.

“Dan kali diterapkan kepada salah satu warga di Salaman. Dan sudah sesuai tuntunan syariat agama Islam,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Borobudurnews.com.

Sementara itu Kades Kalisalak, H Abdul Khamid menambahkan setelah diketahui warganya terkonfirmasi positif Covid oleh RSU Salaman, pihaknya  langsung mengajak koordinasi. Yakni bersama beberapa pihak termasuk PAC  Ansor Kecamatan  Salaman.

“Kita juga patut bersyukur karena jenazah sudah diproses sesuai tuntunan syariat, baik pemandian, pemulasaraan, sampai tahap pemakaman,” ujarnya seperti rils yang diterima.

Ditambahkan pula oleh Kasatkorcab Banser Kabupaten Magelang, Sularno MB, yang juga mengapresiasi atas kesiap-siagaan yang dilakukan oleh sahabat-sahabat Banser ini.

“Di tengah situasi yang belum membaik,  sahabat-sahabat Ansor-Banser harus bisa menjadi pelopor bagi keselamatan orang lain. Berikhtiar memberikan kontribusi positif terhadap keadaan yang sedang kita hadapi bersama,” tambahnya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: