Berawal dari Hobi Koleksi Miniatur, Warga Bandongan Ini Raup Rupiah

BNews—BANDONGAN— Hobi bertemu kreativitas ternyata dapat menghasilkan keuntungan. Hal ini seperti yang dilakoni Hermawan Setiadi asal Tonoboyo Bandongan Magelang.

Dirinya mengecat (memberi warna) secara detail pada bahan miniatur. Kemudian menjualnya secara online.

“Sudah satu tahun ini sejak awal pandemi Covid-19, bisnis mengecat miniatur saya lakukan. Dan masih berjalan hingga sekarang,” ucap Hermawan, belum lama ini.

Di lokasi workshopnya, dirinya mengecat secara detail miniatur-miniatur tersebut. Yakni dari berbagai bentuk seperti sepeda motor, termasuk figur manusia, mulai dari orang kantoran, mekanik, olahragawan serta berbagai profesi dan aktivitas lainnya.

Dia menyebut, bahan miniatur tersebut adalah hasil cetak melalui printer 3D, berbahan resin dengan menggunakan skala 64.

“Dulu saya pernah lihat produk serupa, bisa mencapai harga Rp200 ribu. Lalu suatu ketika saya mendapat bahan miniatur cetakan printer 3D dengan harga yang murah, maka saya mencoba mengecat sendiri dan saya jual hanya Rp100 ribu, dan laku banyak yang pesan melalui online,” papar Hermawan.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Dalam proses mewarnai, Hermawan menggunakan cat akrilik khusus miniatur, yang dioleskan dengan kuas khusus juga. Hasilnya cukup mendekati aslinya dengan detail warna yang tegas dan hidup.

“Bahan miniatur masih berupa warna resin dan masih satu warna dasar, oleh karenanya sebelum dijual saya warnai terlebih dahulu. Semakin kecil tentunya semakin sulit, seperti pada bagian mesin atau tekstur bodi motor,” ujar dia.

Usai di beri warna, kemudian miniatur tersebut di packing dengan wadah yang eksklusif. Agar semakin menarik untuk dijadikan barang koleksi.

Rekan Hermawan, Budi Hasan Waskito, warga Kalegen Bandongan, yang juga melakukan detailing miniatur custom, mengaku, bahan miniatur dia beli dari luar Magelang, untuk kemudian diwarnai dengan cat khusus.

“Pembeli miniatur hasil produk kami, berasal dari Magelang sendiri dan luar Magelang, ada pula dealer sepeda motor, yang beli dari kami, untuk keperluan maket diorama,” papar  Budi. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: