Berdayakan Batik Paguyuban Istri DPRD Gelar Pelatihan

Paguyuban istri anggota DPRD Kabupaten Magelang saat mengikuti pelatihan membantik di Rumah Dinas DPRD.

   BNews–MAGELANG– Paguyuban Istri DPRD Kabupaten Magelang menggelar pelatihan membatik. Pelatihan yang digelar di Rumah Dinas Ketua DPRD itu bertujuan untuk pemberdayaan pembatik Magelang.
      Pelatihan yang diikuti puluhan istri anggota DPRD ini mendatangkan mentor dari Batik Pramugari Jogja. Pelatih batik profesional ini sudah malang melintang di Indonesia.
      Pelatih memberikan materi dasar tentang teknik membatik. Para peserta nampak antusias mengikuti proses membatik dengan canting.
      “Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi anggota PK pada khususnya dan masyarakat di sekitar lingkungan mereka pada umumnya,” kata Ketua Paguyuban Istri DPRD Kabupaten Magelang Dian Wahyu P disela-sela pelatihan.
     Menurutnya, batik saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk itu, dibutuhkan peningkatan kualitas dan kapasitas pembatik.
   “Di sekitar tempat tinggal kami banyak sekali pembatik diharapkan pelatihan ini bisa ikut membantu meningkatkan kualitas pembatik,” tutur dia.
    “Misalnya saja bisa menghasilkan kain batik sendiri,yang nantinya bisa dijual dipasaran,atau mungkin dari kain tersebut bisa diolah lagi menjadi kerajinan lain seperti tas batik, figura batik, pakaian batik, taplak batik dan lain sebagainya,” lanjut dia. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: