Besok, di Magelang Ada Fenomena Gerhana Matahari Cincin

BNews—MUNGKID—Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) bakal menyambangi, sejumlah wilayah di Indonesia, besok (26/12). Umat Islam di Indonesia pun akan menyambut Gerhana Matari dengan melakukan Salat Sunah Kusuf sekitar pukul 11.00 WIB.

Tidak semua daerah bisa melihat Gerhana Matahari secara utuh. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hanya ada tujuh provinsi yang dapat menikmati Gerhana dengan posisi sempurna.

Diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Di Jawa Tengah, khususnya Magelang, hanya bisa mengamati Gerhana Matahari sebagian. Alasannya, posisi kota-kota di luar tujuh provinsi tersebut tidak memungkinkan melihat sudut tepat ketika Bulan menutup Matahari serupa cincin.

Sementara itu, Kementerian Agama RI menghimbau umat Muslim untuk melakukan Salat Gerhana Matahari. Himbauan yang tertuang dalam siaran pers tersebut dibenarkan Plh Dirjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi.

”Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Salat Sunah Gerhana Matahari atau yang disebut Salat Kusuf,” kata Tarmizi.

Menurut Tarmizi, pelaksanaan Salat Gerhana menyesuaikan dengan waktu Gerhana Matahari di wilayah masing-masing. Awal Gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 10.34 WIB. Puncak Gerhana pada pukul 12.17 WIB. Sedang akhir Gerhana pada pukul 14.00 WIB. Kementerian Agama juga menjelaskan tata cara Salat Gerhana Matahari.

”Salat Kusuf atau Salat Gerhana Matahari dilakukan dengan dua rakaat,” terangnya.

Di Kecamatan Muntilan, masyarakat Desa Gunungpring dan sekitarnya dihimbau untuk melaksanakan Salat Sunah Kusuf secara berjamaah di Masjid KR Santri Gunungpring, besok, sekitar pukul 11.00 WIB.

”Setelah Salat Sunah, disediakan makan siang bersama di pendopo. Dilanjutkan jamaah Salat Duhur,” himbaunya seperti dikutip akun facebook Masjid Krsantri, kemarin (24/12).

Berdasarkan data BMKG, setidaknya ada 25 kota yang disambangi GMC beserta perkiraan waktu puncak Gerhana. Seperti Aceh (Sinabang 11.55 WIB dan Singkil 12.00 WIB), Sumatera Utara (Sibolga, Pandan dan Tarutung 12.04 WIB; Padang Sidempuan dan Sipirok 12.06 WIB, Gunung Tua 12.07 WIB dan Sibuhuan 12.08 WIB)

Lalu Riau (Pasir Pengaraian 12.10 WIB, Dumai 12.14 WIB, Bengkali, Siak Sri Indrapura 12.16 WIB dan Selat Panjang 12.19 WIB). Kepulauan Riau (Tanjung Pinang 12.26 WIB, Tanjung Balai Karimun 12.21 WIB, Batam 12.24 WIB dan Bandar Seri Bentan 12.26 WIB)

Kemudian Kalimantan Barat (Mempawah dan Singkawang 12.42 WIB, Sambas 12.43 WIB, Bengkayang 12.42 WIB, Putussibau 12.55 WIB). Kalimantan Timur (Tanjungredep 13.10 WIB) serta Kalimantan Utara (Tanjungselor 13.10 WIB). (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: