Bikin Repot, Dinas Pendidikan Magelang Evaluasi Sistem PPDB

BNews—MUNGKID—Banyak keluhan orang tua siswa terkait rancunya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang akan mengevaluasi system tersebut.

Perlu diketahui bahwa proses PPDB online sendiri berlangsung mulai 13 hingga 15 Mei 2019 ini. Dimana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan secara Luring (Online). Pada PPDB dengan sistem Luring (Online) kali ini yang menerapkan sistem zonasi berdasarkan wilayah desa/kelurahan atau kecamatan terdekat di Magelang.

Hal ini sebenarnya mengacu kepada Permendikbud 51 2018 tentang PPDB, TK, SD, SMP, SMA dan SMK. ”Terdapat tiga cara teknis pelaksanaan zonasi minimal 90 persen, sedangkan untuk jalur prestasi maksimal 5 persen, dan jalur perpindahan orang tua 5 persen. Nilai SKUN dan piagam kejuaraan adalah syarat untuk jalur prestasi. Sedangkan untuk perpindahan orang tua adalah bagi anak yang mengikuti penugasan orang tuanya sehingga pindah domisili,” paparnya.

Diterangkan bahwa untuk PPDB system zonasi sendiri yakni jarak tempat tinggal siswa dengan titik koordinat sekolah garis lurus. “Dalam arti kata lain, semakin dekat antara sekolah dengan tempat tinggal siswa semakin besar peluang diterima,” imbuhnya.

Muh Rofi juga menjelaskan bahwa hal tersebut bertujuan agar siswa tidak perlu bersekolah jauh dari rumah terkait dengan pengawasan orang tua. “Selain itu juga bertujuan untuk pemerataan sekolah, yang mana sekolah tidak harus disekolah favorit semua sekolah sama. Termasuk juga agar sekolah swasta dapat turut berkembang karena mendapatkan limpahan siswa,” jelasnya.

Diakui juga oleh pihaknya bahwa regulasi zonasi tersebut masih menemui kendala dilapangan. “Keluhan sudah banyak masuk kepada kami, seperti bagi siswa yang tempat tinggalnya jauh dari sekolah manapun akan mengalami kesulitan,” ungkapnya.

“Sebenarnya tidak hanya soal zonasi, nilai akademik juga menjadi perhatian untuk nilai kompetisi PPDB,” pungkasnya. (bsn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: