BREAKING NEWS: Lava Pijar Meluncur Di Lereng Merapi

BNews–MAGELANG– Gunung Merapi mengalami erupsi efusif Selasa sore ini (5/1/2020). Dimana Merapi kembali meluarkan lava pijarnya dari kawah puncaknya.

Hal tersebut tampak dari CCTV Merapi di Kemirikebo Turi Sleman, yang disiarkan langusung oleh channle youtube Frekom. Waktu kejadian tercatat sejak pukul 18.49 wib.

Dimana lokasi CCTV tersebut berada berjarak 9km dari puncak merapi.

Tampak dalam CCTV, lava pijar tersebut meleleh di sisi barat merapi. Untuk jarak luncuran dan masuk sungai mana masih menunggu rils pihak BPPTKG.

Perlu diketahui, Erupsi efusif ini dicirikan oleh pengeluaran lava menuju ke permukaan Bumi yang terkadang disertai dengan terjadinya letusan eksplosif yang kecil.

Lava Pijar sendiri diketahui sejak Senin malam kemarin (4/1/2021). Sekitar pukul 22.06 wib lava pijar yang menjadi titik api diam berada di sekitaran kubah lava merapi 1997.

Sementara itu BPPTKG Yogyakarta melaporkan aktivitas merapi per tanggal 4 Januari pukul 00.00 wib sampai 24.00 wib. Dimana terjadi 72 kali guguran, 324 gempa hybrid, 71 vulkanik dangkal, satu kali tektonik, dan 90 kali hembusan.

Sementara pengamatan visual, terdengar suara guguran sebanyak 13 kali dari Pos Pengamatan Babadan Dukun Magelang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: