Bupati Magelang Pastikan Stok Pangan Aman Selama Enam Bulan

BNews–MERTOYUDAN– Bupati Magelang, Zaenal Arifin sidak ke Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di Mertoyudan kemarin (16/3/2020). Hal ini guna memastikan cadangan pangan di wilayah Kabupaten Magelang cukup hingga lebaran mendatang.

Zaenal Arifin mengaku pihaknya telah diperintah oleh Presiden RI untuk memastikan cadangan pangan di wilayahnya. “Bulog menyampaikan kepada kami bahwa pihaknya menjamin cadangan pangan kita aman sampai di lebaran,” katanya.

Ia, meminta kepada Bulog untuk bisa menyediakan kebutuhan pokok masyarakat hingga lebaran mendatang. “Sidak ini juga untuk memastikan terkait dampak dari Covid-19 terhadap ketersediaan bahan pokok di masyarakat,” imbuhnya.

Dijelaskannya, Karena dampak virus ini biasanya bisa mencapai 6 bulanan. Mers dulu 6 bulan, Sars juga sekitar 6 bulan.

“Lah kalau virus Corona (Covid-19) ini juga 6 bulan, dimulai dari akhir Desember 2019 maka selesainya akan dipertengahan tahun. Maka ketahanan pangan ini harus kita siapkan hingga akhir tahun, jangan sampai terjadi krisis di masyarakat,” jelasnya.

Zaenal berharap kepada masyarakat Magelang yang memiliki kemampuan ekonomi lebih untuk tidak memborong atau menimbun barang-barang kebutuhan pokok. “Yang punya uang ya tahan dulu lah, ini kan masalah kita bersama saat ini. Jadi jangan sampai ada yang nimbun-nimbun, secukupnya saja,” pintanya.

Untuk data rinci, lanjutnya masih menunggu dari Bulog berapa ketersediaannya. “Data ini untuk memastikan berapa banyak bahan pokok yang tersedia hingga saat ini,” tegasnya.

Loading...

Setelah sidak tersebut, Zaenal juga bertemu pihak Pertamina Yogyakarta di Kantor BPBD Kabupaten Magelang. Dalam audiensi tersebut, Zaenal meminta pihak Pertamina Yogyakarta menjamin ketersediaan Gas LPG dan BBM bagi masyarakat Kabupaten Magelang.

“Kita pastikan cadangan minyak dan gas kita. Pertamina ini juga kebutuhan pokok, sehingga kita pastikan ketersediaannya hingga akhir tahun,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: