Pegawai Terjerat Kasus Korupsi, Kepala DLH Kabupaten Magelang Tunjuk Plh

BNews–MAGELANG– Pelaksana harian (Plh) ditunjuk oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang  untuk mengisi kekosongan posisi Kepala UPTD pengelolaan sampah dan Kasubag TU .

Pasalnya kedua pejabat tersebut kosong setelah keduanya ditahan dan ditetapkan tersangka. Yakni terkait dugaan  korupsi operasional BBM truk pengangkut sampah.

Dimana yang dikorupsi dilaporkan sebesar Rp 755 juga yang merupakan Tahun Anggaran 2020 pada UPTD Pengelolaan Sampah, DLH Kabupaten Magelang. Kedua tersangka tersebut yakni Kepala UPPTD pengelolla sampah berinisial INS, dan Kasubag TU berinisial BBT.

“Untuk UPTD pengelolaan sampah,  kami masih menunjuk Plh. Karena untuk Plt ketika nanti jika keduanya sudah secara resmi diberhentikan sementara oleh  Badan Kepegawaian Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD),” ungkap ujar Sarifudin, kepala DLH Kabupaten Magelang.

Ia menyampaikan bahwa kini keduatersangka masih dalam proses. Pihaknya pun telah membuat nota dinas laporan kepada BKPPD,  bahwa yang bersangkutan telah dilakukan penahanan.

Nanti, lanjutnya jika sudah ada SK resmi pemberhentian sementara, baru akan ditunjuk Plt Kepala UPTD pengelolaan sampah dan Kasubag TU.  Karena, kata Dia jika Plh sistem SK kerja hanya bisa 3 bulan, sementara kalau Plt bisa 1 tahun.

“Hal itu sebagai dasar kami laporan ke Pak Bupati melalui BKPPD. Kami inisiatif minta ke yang bersangkutan (tersangka). Karena surat penahan dari kejaksaan diberikan kepada keluarga yang bersangkutan,” ujarnya.

Sarifudin juga menegaskan dengan ditahanya dua pegawainya sebagai tersangka, maka tidak akan mempengaruhi operasional pengelolaan sampah. Hal tersebut agar pelayanan pengelolaan sampah di Kabupaten Magelang tetap normal.

“Kita punya Perbup terkait pengangkatan dengan tata cara tersebut. Untuk Plh sampai dengan tiga bulan. Tapi kalau Plt bisa sampai satu tahun. Setelah ada ada SK pemberhentian sementara baru akan kami tindak lanjuti dengan penunjukkan Plt,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: