Bus Pariwisata Di Jogja Lakukan Uji Coba, Utamakan Wisatawan Lokal

BNews—YOGYAKARTA—Ratusan bus termasuk bus pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah mulai kembali beroperasi bulan ini. Setelah sebelumnya sempat berhenti akibat pandemi Covid-19.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY, Hantoro mengungkapkan beberapa perusahaan otobus (PO) pariwisata di wilayah Yogyakarta pada bulan ini sudah mulai uji coba perjalanan untuk wisatawan lokal.  ”Hanya melayani wisatawan lokal, belum untuk wisatawan luar DIY,” ungkapnya, Selasa (21/7/2020).

Dia menjelaskan, PO pariwisata belum diperkenankan melayani wisatawan dari luar DIY. Pihaknya masih menunggu kesiapan sumber daya dan armada tiap perusahaan bus serta progres kasus Covid-19 di DIY. 

”Kami tidak mau ambil resiko. Kalau masyarakat sudah berani ber-wisata menggunakan angkutan pariwisata, kami menyambut baik dengan protokol kesehatan,” jelas Hantoro.

Sementara itu, dengan tidak penerima wisatawan luar DIY maka rute bus yang beroperasi yakni dari Kabupaten Sleman, menuju Kabupaten Bantul, Gunungkidul, kemudian Kulon Progo. Atau bisa sebaliknya, dengan beradaptasi era tatanan baru.

”Saat ini ada sekitar 817 unit angkutan pariwisata yang berijin dan 200 tidak berijin di DIY,” imbuhnya.

Tambah Hantoro, wisatawan harus tertib protokol kesehatan standar seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan penggunaan hand sanitizer. Kemudian pengecekan suhu tubuh serta menjaga kebersihan selama melakukan perjalanan.

”Untuk kapasitas bus juga dibatasi. Hanya boleh mengangkut penumpang dengan jumlah maksimal 40 orang saja. Sementara di masa uji coba ini, tarif bus pariwisata masih diskon 60 persen,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: