Cara Membuat Hand Sanitizer Ala Warga Mertoyudan

BNews—MERTOYUDAN— Kelangkaan hand sanitizer membuat warga Mertoyudan Kabupaten Magelang ini kreatif. Bagaimana tidak mereka akhirnya membuat pembersih tangan itu secara mandiri.


Seperti yang dilakukan Warga kelurahan Sumber Rejo Mertoyudan Kabupaten Magelang. Mereka berinovasi membuat hand sanitizer atau pembersih tangan dari bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar.


Ratusan botol hand sanitizer buatan mereka, dibagikan gratis pada jamaah salat Jumat di masjid Al Ittihad di sekitar tempat tinggal mereka.


“Kegiatan ini dilakukan untuk mengikuti instruksi bapak Bupati Magelang soal antisipasi penyebaran Covid-19,” ujar salah seorang warga, Agus Liem, Sabtu (21/3/2020).


Bahan yang diperlukan untuk membuat hand sanitizer ini cukup mudah dicari, yaitu Benzalkonium chloride, glycerolndi cairkan dengan air. Kedua bahan tersebut bisa dicari di toko bahan-bahan kimia.


Serta hand sanitizer yang herbal dibuat dari 12 helai daun sirih diriis kasar.


“Kemudian bahan tadi dimadukkan dalam rantang lalu dituang air mendidih, setelah itu dikukus,” jelas Agus.

Loading...


Siang itu, Agus dan sejumlah warga setempat berhasil membuat 200 botol hand sanitizer dan dibagikan gratis pada jamaah masjid setempat.
“Harapannya bisa mencegah/ mengurangi penyebaran virus Corona yah,” harapnya.


Meski terkendala dengan sulitnya mencari botol dan harganya mahal, sore ini warga Sumber Rejo kembali membuat 300 botol hand sanitizer yang rencananya akan dibagikan gratis pada warga setempat. (wan/her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: