Ini Cara Disnaker Entas Pengangguran di Kabupaten Magelang

BNews—MAGELANG— Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Magelang terus berupaya mengurangi jumlah pengangguran di daerahnya. Cara yang dilakukan dengan memfasilitasi pelatihan guna menunjang pengangguran dalam mencari kerja atau membuka usaha sendiri.

Kepala Disperinaker Kabupaten Magelang, Sukamtono menuturkan, pihaknya sudah aktif memfasilitasi pengangguran yang membutuhkan keterampilan untuk mendapatkan pekerjaan. Dari mengukuti pelatihan-pelatihan, mereka akan mendapat sertifikasi untuk bekal melamar pekerjaan.

”Pelatihan yang diadakan di Balai Latihan Kerja (BLK) antara lain keterampilan menjahit, tata boga, las, mesin dan komputer. Instruktur terlatih disediakan oleh Disperinaker sendiri,” tutur mantan Camat Mungkid itu kepada Borobudur News, Selasa (4/2).

Meski sudah memberikan bekal pelatihan hingga sertifikasi namun masih memiliki kelemahan. Diantaranya belum bisa menyalurkan mereka ke lapangan pekerjaan. Hanya 20 persen peserta pelatihan yang tersalur ke lapangan kerja yang memerlukan.

”Namun demikian, dari situ para peserta pelatihan kemudian berinisiatif membuka lapangan pekerjaannya sendiri. Sesuai dengan keterampilan yang didapat,” kata dia.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Selain memberikan pelatihan, Disnaker setempat juga membina UMKM dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah. Nantinya diharapkan bisa menyerap pengangguran.

”Untuk UMKM kita fasilitasi, seperti pameran produk-produknya dan membantu pemasarannya,” papar dia.

Sukamtono berharap dengan adanya pelatihan untuk penggangguran dan pembinaan UMKM, bisa mengurangi jumlah pengangguran. ”Saya juga berharap dengan adanya itu (pelatihan dan pembinaan) bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,”harapnya. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: