Catat, Ini Janji Pemkab Soal Pembangunan Pasar Muntilan

           BNews–MAGELANG–Proses pengerjaan Pasar Muntilan yang sedianya dijadwalkan tahun ini belum juga bisa direalisasikan. Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) menjanjikan tahun 2017 awal akan dibangun pasar dengan anggaran Rp 122 miliar itu.
            ”Sekarang kita sedang revisi DED. Rencana pembangunan  yang yang semula tiga tahun, direncanakan untuk dapat diselesaikan dalam tempo dua tahun (2017-2018) mendatang,” kata Kepala DPU ESDM, Sutarno.
            Menurutnya, saat ini, penyusunan revisi DED masih dalam proses. Dijadwalkan, revisi DED selesai bulan ini.
            “Setelah dokumen perencanaan manajemen konstruksi beres, segera diadakan lelang awal tahun depan agar pembangunan dapat dimulai pertengahan tahun, dan pada 2019 dioperasikan untuk aktifitas para pedagang,” katanya, kemarin.
            Perubahan manajemen konstruksi, menurut dia, terkait dengan upaya penataan parkir. Yakni, lantai dasar dijadikan basement untuk menampung kendaraan pedagang dan pengunjung agar tidak diparkir di ruas jalan seputar pasar.
            “Selain demi menjamin kenyamanan pedagang dan warga yang beraktifitas. Sekaligus demi menciptakan ketertiban, serta menghindari kesemrawutan yang berpotensi mengganggu kelancaran arus lalu lintas kendaraan,” kata Sutarno.
            Seperti diketahui, Pemkab Magelang akan membangun kembali Pasar Muntilan. Rencana awal, renovasi pasar tradisional terbesar di Kabupaten Magelang itu dianggarkan sebesar Rp 95 miliar. Penyediaan anggaran dilakukan bertahap.
            Dalam APBD 2012 dicadangkan Rp 10 miliar, APBD Perubahan 2013 Rp 21 miliar, APBD Perubahan 2014 Rp 16 miliar, APBD 2015 Rp 16 miliar, dan APBD 2016 Rp 16 miliar. Jika kurang akan ditutup pada tahun berjalan atau dialokasikan dalam APBD 2017.
            Sayang, rencana renovasi gagal direalisasikan tahun ini karena terkendala berbagai hal. Dampak selanjutnya, kebutuhan anggaran membengkak sebesar Rp 17 miliar, sehingga total anggaran proyek multiyears itu mencapai Rp 122 miliar. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: