Simak Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Pemanasan Global

BNews—NASIONAL—Istilah pemanasan global mungkin kebanyakan orang sudah pernah mendengarnya. Namun, tak sedikit orang yang mengetahui arti dari istilah tersebut.

Pemanasan global atau global warming adalah kejadian yang disebabkan oleh peningkatan suhu rata-rata atmosfer, suhu air laut, dan suhu daratan. Bisa juga diartikan sebagai naiknya suhu bumi secara menyeluruh.

Saat terjadi pemanasan global, suhu bumi terasa makin panas. Bahkan keadaan cuaca di bumi juga menjadi ekstrem dan tidak menentu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyab pemanasan global :

Meningkatnya gas rumah kaca

Gas rumah kaca terjadi karena pembakaran minyak bumi yakni bahan bakar batu bara serta pembakaran gas alam. Hal itu menyebabkan adanya pemanasan yang terpantul tidak diteruskan ke luar angkasa namun kembali lagi ke bumi.

Asap kendaraan bermotor

Aktivitas manusia yang memicu terjadinya pemanasan global seperti pembakaran fosil yang tidak sempurna dan polusi yang disebabkan kendaraan bermotor. Gas CO2 yang dihasilkan dari aktivitas tersebut dapat menjadi penghalang pemantulan panas bumi.

Loading...

Penggunaan CFC yang berlebihan

CFC merupakan bahan kimia yang diproduksi untuk berbagi peralatan rumah tangga seperti AC atau pendingan dan kulkas.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Alih fungsi hutan

Penebangan pohon oleh para pelaku illegal logging semakin menambah permasalahan lingkungan. Pasalnya, hutan menjadi satu diantara penyadap karbondioksida yang ada di bumi. Bila hutan digunduli, maka tidak ada yang bisa mengurangi karbondioksida lagi.

Selain aksi illegal logging, areal hutan saat ini juga banyak beralih fungsi menjadi lahan perkebunan komersial, lahan pertambangan, dan industri.

Adanya polusi metana karena limbah ternak yang tidak terolah dengan baik

Selain karbondioksida, yang berperan besar dalam penyebab global warming adalah metana. Adanya gas metana ini berasal dari bakteri yang kekurangan oksigen unruk memecah bahan-bahan organik.

Sementara itu, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi pemanasan global :

  1. Melakukan reboisasi
  2. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor milik pribadi
  3. Menghemat penggunaan energi, contohnya menghemat energi listrik
  4. Gunakan produk ramah lingkungan
  5. Meminimalisir penggunaan plastik.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi pemanasan global. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: