Catat! Ini Rekomendasi Destinasi Wisata Ketika Berkunjung ke Kabupaten Magelang

BNews—WISATA— Liburan ke Magelang tak cukup bila hanya mengunjungi Candi Borobudur. Sebab Kabupaten Magelang memiliki banyak destinasi yang menawan lainnya.

Mulai dari wisata sejarah, wisata alam hingga wisata yang keren lainnya. Diketahui bahwa wilayah Kabupaten Magelang memiliki bentang alam yang menakjubkan.

Berikut BorobudurNews rangkum beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke Kabupaten Magelang.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tepatnya berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Meskipun secara geografis posisi air terjun berada di Boyolali, namun mengalir dan posisi wisatanya di Magelang. Keindahan air terjun ini dapat dinikmati dari berbagai sisi. Baik dari atas, samping atau depan.

Kawasan ini sangat cocok untuk refreshing karena masih alami bersih dan segar. Pemandangan sekitar Air Terjun Kedung Kayang pun tak kalah indahnya.

Bagi pengunjung yang mau datang, cukup membayar tarif tiket Rp 4000 dan asuransi Rp 500 per orang. Untuk parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Terdapat juga beberapa spot foto yang dikelola oleh warga dan pengunjung cukup membayar Rp 5-10 ribu saja.

Top Selfie Kragilan

Destinasi Top Selfie Kragilan berada di Dusun Kragilan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Di kawasan ini, pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pohon pinus yang terbentang di sepanjang jalan.

Hamparan pohon pinus yang memberikan suasa segar tersebut bisa menjadi spot foto yang menarik. Ditambah suasana pedesaan yang asri, semakin mengunggah minat untuk mengabadikan momen terbaik.

Selain berfoto, pengunjung juga bisa bersantai sembari menikmati udara sejuk khas pegunungan. Untuk masuk ke kawasan wisata tersebut, pengunjung cukup membayar tiket Rp 10.000 pada hari biasa. Sedangkan weekend tiket menjadi Rp 12.500.

Sementara untuk parkir sepeda motor Rp 3.000, Mobil Pribadi Rp 10.000, Travel atau bis engkel Rp 15.000 dan Bus Besar Rp 20.000.

Kebun Strawberry Banyuroto

Kebun buah strawberry ini berada di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Prov Jawa Tengah. Pengunjung yang datang dapat memetik sendiri buah strawberry dari kebun.

Sebelum memetik, nantinya pengunjung akan mendapatkan arahan dari pengelola. Selain itu, pengunjung juga akan diberi tempat untuk buah beserta gunting.

Selain menawarkan sensasi memetik buah strawberry sendiri, di kawasan ini, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah.

Untuk tiket masuk ke Kebun Strawberry Banyuroto, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000. Kemudian untuk harga buah yang sudah dipetik, pada hari Senin-Jumat harga per ons Rp 10.000, sedangkan Sabtu dan Minggu, per ons sebesar Rp 15.000.

Bukit Grenden

Destinasi wisata alam lainnya di Kabupaten Magelang yakni Bukit Grenden. Yang mana berlokasi di Dusun Grenden, Kelurahan Pohgalang, Kecamatan Pakis, Magelang.

Bukit yang berada di lereng Gunung Merbabu ini pastinya menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat sekaligus menikmati sejuknya udara khas pegunungan.

Di kawasan ini, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang cantik. Sangat disayangkan bila pengunjung tidak mengabadikan momen ketika berkunjung.

Wisata Bukit Grenden juga menawarkan spot wisata hutan pinus. Selain itu ada lebih dari 10 spot foto yang bisa dicoba. Seperti spot rumah terbalik, spot bulan sabit, spot rumah kurcaci, spot ayunan mirip sarang burung, becak, dan lainnya.

Untuk masuk ke kawasan wisata tersebut, pengunjung cukup membayar tiket Rp 10.000. Sementara untuk parkir sepeda motor Rp 3.000, Mobil Pribadi Rp 5.000.

Ketep Pass

Destinasi wisata Ketep Pass berada di sebuah bukit diantara Gunung Merapi dan Merbabu. Tepatnya di Jalan Blabak-Boyolali Km 16, Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang.

Lokasi ini berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Pengunjung yang datang, bisa menikmati pemandangan gunung yang mengelilingi Magelang. Seperti Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

Di kawasan ini juga ada Museum Volcanologi bernama Ketep Vulcano Centre yang memberikan informasi terkait Gunung Merapi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati Ides Cafe yakni kafe dengan fasilitas wifi gratis.

Selama pandemi Covid-19, wisata Ketep Pass beroperasi pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Dengan tarif tiket yakni Selasa-Sabtu Rp10.500 dan Minggu/Libur Rp12.500.

Ketep Jeep Explorer

Terdapat satu aktivitas wisata yang menarik kala berkunjung ke destinasi wisata Ketep Pass, Kabupaten Magelang. Yakni dengan berkeliling menaiki mobil jeep wisata.

Dengan banyaknya objek-objek wisata di sekitar Ketep Pass, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menikmati wisata tersebut yakni dengan memanfaatkan Ketep Jeep Explorer.

Ketep Jeep Explorer ini menawarkan beberapa paket jelajahi objek wisata. Dengan berbeda-beda harga dan lokasi wisata yang dituju. Seluruh paket perjalanan ini dimulai dan berakhir di Ketep Pass.

Berikut paket perjalanan Ketep Jeep Explorer:

Short trips

Paket ini dapat dinikmati para pengunjung dengan harga Rp 450.000. Untuk penumpang, maksimal 3-4 orang dan durasinya waktunya 1 ½ hingga 2 jam.

Rute:

Ketep Pass

Lembah Gunung Merbabu

Exsplor Ds Gondangsari, Ds Gintung, Ds Puluhan

X pabelan Sisa Lahar Dingin Gunung Merapi

Gerojokan Sungai X Pabelan

Ketep Pass

Medium trips 1

Paket ini seharga Rp 650.000 dengan maksimal penumpang 3-4 orang dan durasinya waktunya 2 hingga 3 jam.

Rute:

Ketep Pass

Lembah Gunung Merbabu

Kedung Kayang

X pabelan sisa lahar dingin Gunung Merapi

Gerojokan Sungai X Pabelan

Ketep Pass

Medium trips 2

Paket ini seharga Rp 750.000 dengan maksimal penumpang 3-4 orang dan durasinya waktunya 4 hingga 6 jam.

Rute:

Ketep Pass

Kebun Strawberry

Taman Nasional Gunung Merbabu

Hutan Pinus Ndoyo

Ketep Pass

Custom trips

Paket ini seharga Rp 1.000.000 dengan maksimal penumpang 3-4 orang.

Rute:

Ketep Pass

Kebun Strawberry

Taman Nasional Gunung Merbabu

Bukit Grenden

Hutan Pinus Ndoyo

Gunung Gupak

Grojokan Kapuhan

Rumah Makan Mbok Ginuk

Ketep Pass

Long Trips

Paket ini seharga Rp 1.000.000 dengan maksimal penumpang 3-4 orang.

Rute:

Ketep Pass

Kedung Kayang

Babadan

Candi Asu

Grojogan Kapuhan

Ketep Pass

Bagi pengunjung yang berminat, dapat melakukan booking dahulu atau menanyakan informasi lebih lanjut di nomor 0858 7981 8108 (Answari) atau 0815 7895 6306 (Lilik).

Bagi pengunjung yang ingin mendatangi beberapa destinasi wisata tersebut, sebaiknya dilakukan setelah tanggal 17 Mei 2021. Mengingat bahwa mulai 4 hingga 17 Mei 2021, seluruh daya tarik wisata di Kabupaten Magelang ditutup.

Hal tersebut menindaklanjuti dari Surat Edaran Bupati Magelang nomor 443.5/1729/01.01/2021. Tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

”Daya tarik wisata di Kabupaten Magelang dibuka kembali mulai 18 Mei 2021,” kata Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein.

Kemudian bagi seluruh pengelola wisata, diimbau agar tetap mematuhi peraturan pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan peraturan pemerintah.

”Kami minta para pengelola wisata di Kabupaten Magelang agar tetap menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE. Yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan),” ujar Husein.

”Penerapan CHSE tetap menjadi komitmen bagi pengelola wisata dan wisatawan. karena itu sudah menjadi regulasi yang harus dipedomani dan pegangan bagi pengelola wisata, tujuannya untuk menekan penularan Covid-19,” tutupnya. (advdisparporakabmagelang)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: