Daftar 10 Aplikasi Editing Audio Terkeren

BNews—TEKNO— Penggemar musik merasa sangat terbantu dengan perkembangan teknologi saat ini. Salah satu alat atau sarana untuk merekam sebuah musik ataupun editing audio.

Diketahui dahulu seorang musisi jika akan melakukan rekaman audio di sebuah studio musik pasti membutuhkan biaya mahal. Namun saat ini dengan perkembangan teknologi telah mengubah paradigm tersebut.

Advertisements
data-ad-slot="3007616301" data-ad-format="auto">


Telah hadir beberapa aplikasi perekam musik dan editing audio yang tidak harus meorogoh kocek terlalu dalam. Karena aplikasi tersebut bisa dipergunakan di rumah atau home recording.


Namun tetap membutuhkan beberapa perangkat recording yang saat ini mudah didapat dan dijangkau biayanya. Karena era sekarang banyak masyarakat gemar membuat konten audio visual yang mereka terbitkan di platform media sosial seperti you tube.

Berikut 10 Daftar Aplikasi atau software rekaman music yang bisa dipergunakan di rumah:

1) Fruity Loops (FL Studio)

Fruity Loops atau FL Studio adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk merekam, mengubah, dan membuat audio. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Image-Line ini menjadi aplikasi paling terkenal dan banyak peminatnya di seluruh dunia.

Bahkan Image-Line menawarkan pemutakhiran fitur gratis seumur hidup, setelah pembelian pertama. Artinya, pembeli akan mendapatkan FL Studio versi berikutnya dengan gratis. Image-Line juga mengembangkan FL Studio Mobile untuk pengguna di iOS dan Android dan FL Studio Groove untuk Windows 8 dan Windows 10.

Tampilan-FL-Studio
Tampilan-FL-Studio

Perangkat lunak ini bisa digunakan untuk mixing dan mastering, plugin VST, merekam track musik menggunakan alat musik langsung maupun komposisi fitur digital, editing audio, live performance, dan lain-lain. Software ini juga dilengkapi dengan lebih dari 30 synthesizer software dan 40 efek plug-in. Mendukung VST 32 & 64 bit, DX dan FL asli plug-in format.

Bahkan pengguna bisa membuat musik dengan cara menggambar drum dengan suara nyaris persis dengan suara alat musik asli, keyboard, gitar, bass, rekam vokal, dan lain-lain menggunakan fasilitas FL Studio ini di mana saja. Sebab, juga tersedia versi Android.

BACA JUGA : KONTROVERSI DISERTASI MAHASISWA UIN JOGJA HALALKAN HUBUNGAN INTIM DI LUAR NIKAH

2) Adobe Audition

Adobe Audition adalah software yang didesain untuk multitrack digital audio recording, editor dan mixer. Pengguna bisa mengkomposisikan instrumen musik dan mengolah berbagai suara yang dibutuhkan. Termasuk memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, kemudian menyimpan dalam berbagai format.

Tampilan-Adobe-Audition
Tampilan-Adobe-Audition

Perangkat lunak ini sebetulnya telah dirilis cukup lama, yakni sejak 18 Agustus 2003 silam. Namun untuk bisa bersaing dengan pendatang baru, aplikasi ini terus dikembangkan dengan versi terbaru dan kelengkapan kebutuhan para musisi. Adobe Audition banyak digemari pemula maupun profesional.

3). PreSonus Studio One

PreSonus Studio One menjadi sofware untuk creator musik digital pendatang baru yang mampu merebut perhatian dunia. PreSonus Studio terbilang sangat ramah bagi pemula dengan sajian formal trial. Tetapi terbukti, sofware musik ini menunjukkan kecanggihannya dengan berbagai fasilitas yang disematkan di dalamnya.

Produk teknologi ini dikembangkan oleh PreSonus Audio Electronics, Inc yang berpusat di Amerika Serikat, yakni Grand Bay Court, Baton Rouge, LA 70809 USA. Sederat musisi kondang seperti Maik Oppermann, Eike Jonas, Matthias Juwan, dan Wolfgang Kundrus, menggunakan sofware ini.

4). Ableton Live

Perangkat lunak ini menjadi alat untuk pertunjukan live dan media besar untuk merekam, mengatur, pencampuran, menyusun, dan mastering. Ableton Live banyak digunakan oleh DJ terkenal, karena sangat tepat untuk beatmatching, crossfading, dan efek lain yang digunakan oleh turntablists.

Ableton Live memiliki reputasi yang kuat di industri musik sebagai salah satu software terbaik. Pengembang menyediakan berbagai fitur sesuai dengan kebutuhan komposisi musik.

5) Logic Pro X

Ini menjadi Music Production Software yang patut diperhitungkan dalam bidang musik. Logic Pro X menawarkan semua bantuan dan instrumen yang dibutuhkan untuk membuat komposisi terbaik dengan kualitas suara jernih.

BACA JUGA : KONTROVERSI DISERTASI MAHASISWA UIN JOGJA HALALKAN HUBUNGAN INTIM DI LUAR NIKAH

6) GarageBand

Dengan software ini, Anda bisa memainkan alat musik, menulis musik, atau merekam sebuah lagu. Tersedia instrumen perangkat lunak, preset untuk gitar dan suara, dan drumer sesi implisit. Banyak produser musik di dunia memanfaatkan GarageBand untuk produksi musik.

7) Steinberg Cubase

Kalau Anda seorang YouTuber yang membutuhkan musik, tentu patut menjajal software ini. Perangkat lunak ini menjadi penghasil audio canggih dan alat MIDI untuk merekam, mengedit, komposisi, dan pencampuran.

Steinberg Cubase menjadi salah satu Music Production Software yang digunakan jutaan musisi, produser dalam industri musik di seluruh dunia. Teknologi canggih yang disematkan membuat sofware ini semakin cintai kawula muda yang melek teknologi.

8) Avid Pro Tools

Setiap sofware memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk memiliki karakteristik khas yang dibawanya. Para musisi tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. Avid Pro Tools juga dijadikan standar industri Software Produksi Musik.

Pengguna bisa merekam, menulis, mengedit, mengomposisikan instrumen musik dengan praktis dan berkualitas. Perangkat lunak untuk produksi musik ini bisa dicoba.

9) Cakewalk Sonar

Cakewalk Sonar datang dengan menawarkan paket produksi musik secara lengkap. Mereka menawarkan pengalaman kreatif dengan menggabungkan teknologi canggih, alur kerja mudah, dan antarmuka untuk menambah inspirasi.

Software ini menjadi mesin rekaman yang terbilang canggih untuk produksi musik. Tersedia efek internal dan instrumen, dan gaya analog mixing console membuat perangkat lunak ini tak hanya hebat, tapi juga menginspirasi.

BACA JUGA : KONTROVERSI DISERTASI MAHASISWA UIN JOGJA HALALKAN HUBUNGAN INTIM DI LUAR NIKAH

10. Ardour

Ardour menjadi salah satu software rekam, edit, dan mix musik terkemuka untuk Linux, OS X dan Windows. Tersedia fitur seperti Audio dan MIDI multi-track recording dan editing, plugin yang canggih. Software ini menjadi alat yang disukai oleh pelaku audio engineers, musisi, soundtrack editor, maupun komponis.

Masih banyak produk software lain yang tentu saja memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri yang bisa mendukung produksi musik secara simple dan mudah. Tetapi memiliki kualitas yang mempesona. (Internet/bsn)

2 Comments
  1. […] BACA JUGA : Daftar 10 Aplikasi Editing Audio Terkeren […]

  2. […] BACA JUGA : Daftar 10 Aplikasi Editing Audio Terkeren […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: