Daftar Partai Pemenang Pemilu di Magelang dari Masa ke Masa

BNews–MUNGKID– Proses pemilihan umum (pemilu) secara langsung di Kota dan Kabupaten Magelang telah berlangsung beberapa kali. Sejak itu pemenang pemilu didominasi oleh PDI Perjuangan.

Borobudurnews.com mencoba merangkum hasil pemilu di Kota dan Kabupaten Magelang dari masa kemasa.

Mulai dari Hasil Pemilu di wilayah Kabupaten Magelang mulai tahun 1999 hingga 2019. Dimana pada tahun 1999, tiga besar Parpol yang memperoleh suara terbanyak yakni PKB, PDI dan PPP.

Untuk Pemilu tahun 2004 masih dengan urutan sama perolehan suara terbanyak yakni PKB, PDI Perjuanga dan PPP. Berubah urutan pada tahun 2009, dengan peroelhan suara terbanyak PDI P, PKB, dan PAN.

Sedangkan Pemilu 2014, semakin kokoh posisi PDI Perjuangan, lanjut PKB dan Gerindra. Dan terakhir pada Pemilu tahun 2019 kemarin, posisi masih sama  sebelumnya yakni PDI Perjuangan, PKB lalu Gerindra.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Sedangkan Pemilu di Kota Magelang baru mampu tercatat tiga tahun terakhir oleh kami. Mulai Pemilu di tahun 2009, dengan posisi perolehaan suara terbanyak yakni Demokrat, PDI Perjuangan dan Golkar.

Untuk Pemilu tahun 2014 bergeser yakni PDI Perjuangan, Golkar lalu Demokrat. Terakhir tahun 2019 lalu kokoh di puncak yakni PDI Perjuangan , lalu PKS serta Demokrat.

Untuk waktu Pemilu pemilihan calon anggota dewan berikutnya dijadwalkan akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang. Sedangan untuk Pilkada Kota Magelang akan digelar tahun 2020 ini. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: