Di Sungai Elo Magelang, 150 Relawan Perwakilan Komunitas Di Klaten Berlatih Water Rescue

BNews–MAGELANG- Di rafting sungai Elo Kabupaten Magelang, sebanyak 150 relawan dari berbagai komunitas di Klaten mengikuti pelatihan penyelamatan dan pertolongan dalam air atau water rescue.

Pelatihan water rescue diikuti relawan kebencanaan Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten atau Senkom Rescue dan beberapa komunitas relawan lain, di antaranya Forum Relawan Wedi (Foredi).

Menurut Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten Heri Wibawa, pelatihan water rescue sebenarnya merupakan agenda rutin tahunan.

Namun dalam dua tahun terakhir, pelatihan tidak diselenggarakan karena pandemic Covid-19.

‘’Pelatihan water rescue diadakan setiap tahun sesuai program kerja Senkom Rescue. Namun dua tahun belakangan, para relawan fokus membantu pemerintah dan masyarakat menangani pandemi Covid-19,’’ kata Heri Wibawa, Minggu (26/6/2022).

Peserta berkumpul di kantor Sekretariat Senkom Mitra Polri Klaten untuk mendapat arahan, sebelum diberangkatkan ke Magelang.

Pemberangkatan relawan menuju Kali Elo Magelang, mendapat dukungan transportasi dari armada BPBD Klaten dan bus Polres Klaten.

‘’Setibanya di Kali Elo, para relawan dibekali berbagai materi penyelamatan korban di air. Tujuannya agar mereka siap menolong, serta saat melakukan pertolongan, relawan tidak justru menjadi korban,’’ kata Heri Wibawa.

Pelatihan water rescue dinilai sangat penting, mengingat sejumlah kecamatan di Klaten sering terjadi banjir. Selain itu, sering pula terjadi kecelakaan area perairan, baik di sungai maupun waduk.

’Dengan mengikuti pelatihan, kami harap para relawan Klaten mempunyai skill lebih baik dalam penyelamatan di dalam air, baik pada saat terjadi bencana ataupun bila terjadi laka air,’’ ujar dia. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!