Digelar Virtual, Borobudur Marathon 2020 Diikuti 9.090 Peserta

BNews—BOROBUDUR—Gelaran even Borobudur Marathon 2020 yang berlangsung 15 November mendatang di Taman Lumbini komplek Candi Borobudur akan diikuti 9.090 pelari. Dari jumlah tersebut, 30 peserta diantaranya merupakan atlet nasional.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An mengatakan, lomba lari maraton diputuskan tanpa penonton. Keputusan tersebut diambil untuk menghindari penularan virus corona.

”Aspek keselamatan lebih kami utamakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ekstra-ketat. Hal itu menjadi faktor penentu yang mendorong panitia penyenggara memutuskan untuk mengadakan lomba ini hanya di lingkungan candi serta steril dari sorak sorai penonton,” kata dia.

Ia menjelaskan, desain Borobudur Marathon tahun ini berbeda dari gelaran dua tahun terakhir. Yakni dilaksanakan di lingkungan Candi Borobudur.

”Tradisi sebelumnya Taman Lumbini hanya dijadikan lokasi start dan finish. Sedangkan rute peserta tetap melintasi area publik, persawahan, bukit bahkan perkampungan penduduk,” jelasnya.

Demi menjaga keselamatan para pelari, panitia mengaku telah melakukan diskusi cukup panjang dan konsultasi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

”Ditetapkan menetapkan pelaksanaan Borobudur Marathon 2020 dilaksanakan tanpa penonton dan akan digelar dalam bentuk virtual run,” ungkapnya.

Menurut Chie An, dari sisi kemeriahan event tahun ini diaklui berkurang. Namun dengan model hybrid yaitu kombinasi elite race 30 atlet nasional dan virtual run, dirinya optimis gaung dan eksistensi Borobudur Marathon masih kuat.

”Pandemi covid-19 tak menyurutkan langkah kami untuk menjaga eksistensi Borobudur Marathon. Kami belajar dari London Marathon yang sukses meskipun di area taman dan tanpa penonton,” pungkasnya. (han)

Sebagai tambahan, Borobudur Marathon 2020 diharapkan mampu manjadi pilot project tentang bagaimana membuat even dengan standar kesehatan yang tinggi. Mulai dari area lomba hanya dibatasi maksimal seratus orang. Hingga para peserta, petugas lomba, panitia termasuk tamu undangan diwajibkan menjalani tes kesehatan sebelum masuk venue lomba. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: