Dikepung Puting Beliung, 2776 Warga Magelang Mengungsi

BNews—MUNGKID—Dampak angin puting beliung di kawasan lereng Merbabu, Merapi dan Sumbing bertambah. Dari update data BPBD Kabupaten Magelang jumlah warga mengungsi menjadi ribuan dan kerusakan bertambah hingga Selasa malam ini (21/10).

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto menyebutkan data hingga pukul 19.00 wib jumlah pengungsi sebanyak kurang lebih 2776 jiwa dan 8 KK mengungsi. “Untuk rician pengungsi 853 KK atau 2682 jiwa dari 6 Dusun di Desa Ketundang Kecamatan Pakis mengunggsi di Balai Desa Ketundan dan masjid-masjid. Sebanyak 94 jiwa merupakan warga Desa Pogalan yang mengungsi di balai desa pogalan, serta 8 KK dari Desa Sukomakmur Kecamatan Kajoran,” katanya.

Advertisements


Sementara untuk kerusakan dijelaskan, sebanyak 95 rumah mengalami kerusakan ringan hingga parah. “Untuk rinciannya di Desa Ketundan Kecamatan Pakis terdapat 5 rumah tertimpa pohon dan 1 rumah rusah berat di Dusun Kecitran. Di Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan terdapat 26 rumah mengalami rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang,” paparnya,


“Untuk di lereng Sumbing terdapat 50 rumah rusak di Desa Tejosari Kecamatan Kajoran. Terdapat juga 12 rumah milikwarga rusak di Desa Dawung Kecamatan Tegalrejo,” ungkapnya.

Tidak hanya, beberapa akses jalan juga tertutup karena banyak pohon bertumbangan akibat puting beliung. Seperti di Desa Ketundan Kecamatan Pakis adanya akses jalan tertutup Dusun Krembyungan menuju Dusun Pogalan dan Dusun Wekas  dan tertutupnya akses jalan Dusun Kenalan Desa Kenalan Pakis.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS KLIK DISINI

Dan di Desa Wonolelo Sawangan terdapat bangunan sekolah rusak ringan.”Di Desa Banyuroto Sawangan terdapat pohon tumbang  menutup akses jalan dusun, di Desa Ketep terdapat sebuah atap Kios Roboh. Di Desa Sawangan berdampak Pohon tumbang menutup akses jalan dusun,” ujarnya.

“Untuk kawasan lereng merapi wilayah Kecamatan Srumbung, puting beliung berdampak di Desa Ngargosoko dimana terdapat pohon tumbang menutup akses jalan Dusun. Sedangkan di Kecamatan Dukun berdampak di Desa Sengi dimana pohon tumbang menimpa jaringan listrik,” bebernya.

Edi juga menyampaikan bawah petugas BPBD Kabupaten Magelang bersama para relawan dan dari unsur TNI Polri masih dilapangan. “Semoga semua bisa lekas diatas, dan cuaca kembali normal kembali,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: