Dinas Pertanian Magelang Hadiri Satu Tahun Kelompok Tani Milenial Lereng Merapi

BNews–DUKUN-– Satu tahun bertahan kelompok petani milineal lereng merapi ini berakarya (3/2/2021). Dimana anggotanya masih berusia muda dan tekun membidangi pekerjaan mereka di pertanian.

Mereka tergabung dalam Kelompok Tani Milineal Dusun Paten Desa Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Dimana kelompok ini merupakan salah satu program Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang.

Dalam rangka satu tahun tersebut, acara syukuran sederhan digelar di salah satu rumah warga dan dilanjutkan di salah satu lahan pertanian yang mereka garap. Dan dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Romza Ernawan turut hadir beserta jajarannya.

Saat diwawancarai awak media, Romza mengatakan terkait program petani milineal adalah upayan Dinas Pertanian untuk menggerakan petani muda. “Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi sekarang dan masa depan bila mana pekerjaan petani akan mengalami peminat,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya kaderisasi melalui petani milineal tersebut agar mereka bisa berkecimpung di sektor pertanian. “Nah nanti para petani milineal tersebut kedepan tidak hanya sekedar membuat bibit dan bertani saja, namun berpikir sampai ke bisnisnya dan entrepreneurship. Jadi nanti hasil pertanian mereka ini memiliki nilai lebih,” paparnya.

“Jadi para petani ini tidak hanya berproduksi, panen terus jual saja, namun bisa membuat nilainya lebih,” tegasnya.

Romza juga mengungkapkan, untuk petani milineal Dusun Paten tersebut sudah berdiri selama satu tahun ini. “Tadi kita lihat hasil-hasilnya mereka, seperti pembibitan, perikanan dan lainnya juga. Jadi mereka ini telah berinovasi dalam pertanian dan terus berkembang,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ditanya apakah diterapkan di wilayah lain , kata Romza sendiri di wilayah Kabupaten Magelang untuk kelompok petani milineal sendiri sudah cukup banyak yang terbentuk. “Jadi banyak petani milineal di Kabupaten Magelang yang bergerak di macam-macam jenis pertanian seperti kopi sayuran dan lainnya,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Paten melalui salah satu perangkatnya, Margi mengatakan bahwa pihak Desa menyambut baik kegiatan kelompok tani Milenial tersebut/

“Hal ini sebagai salah satu jalan untuk menjadi kan generasi muda sebagai petani yang handal, dan siap mewujudkan lumbung pangan di daerah ini. Adanya kelompok Tani Milenial juga agar pemuda tidak malu menjalani sebagai petani,” tambahnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: