Dipercaya Mampu Luluhkan Hati Pasangan, Berikut Amalan Puasa Weton

BNews–MAGELANG– Puasa weton merupakan salah satu tradisi dalam ajaran Kejawen atau Jawa. Puasa ini dilakukan di hari kelahiran atau weton sesuai dengan penanggalan Jawa. Tak banyak yang tahu, puasa weton memiliki banyak manfaat, lho.

Seorang pakar Primbon Jawa bernama Mbah Yadi asal Pati, Jawa Tengah mengatakan bahwa manfaat puasa weton terbagi menjadi tiga bagian, yakni secara lahiriah, batin, dan juga spiritual.

Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya!

1. Manfaat lahiriah

Manfaat puasa weton pertama dapat dirasakan secara lahiriah. Mbah Yadi mengatakan bahwa tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar dibandingkan sebelumnya. Sebab, puasa weton memberikan efek detoksifikasi yang berperan dalam mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh.

“Manfaat secara lahiriah adalah yang pertama, kita akan menjadi lebih sehat. Jadi tubuh kita akan menjadi lebih sehat kalau kita sering puasa weton. Kemudian juga dengan berpuasa weton ini akan membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh,” ujar Mbah Yadi, Pakar Primbon Jawa, dikutip dari kanal YouTube Esa Production, Senin (15/11/2021).

Tak hanya itu, Mbah Yadi juga menyebut bahwa segala sel tubuh yang rusak akan kembali tumbuh menjadi sel yang baru. Peredaran darah pun akan semakin lancar dan segala penyakit di tubuh akan segera hilang.

2. Manfaat secara batin

Manfaat puasa weton selanjutnya dapat dirasakan secara batin. Dikatakan, puasa weton dapat mengeluarkan energi-energi buruk yang ada di dalam tubuh. Dampaknya, orang tersebut akan semakin merasa yakin dan dekat kepada Sang Pencipta.

“Puasa weton itu mempunyai manfaat yaitu mengeluarkan energi-energi negatif dari dalam tubuh kita. Akhirnya, nanti batin atau mata batin kita akan semakin terbuka. Dengan begitu, kita akan semakin tambah yakin dan dekat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, yakni Allah SWT,” ujarnya.

3. Manfaat secara spiritual

Terakhir, manfaat puasa weton dapat dirasakan secara spiritual. Mbah Yadi mengatakan bahwa intuisi seseorang akan semakin meningkat, begitu juga dengan daya kepekaan dan daya ingat. Hal ini membuat manusia terhindar dari penyakit demensia atau pikun, yakni mudah lupa.

“Secara spiritual ini banyak manfaat untuk puasa weton ini, yaitu intuisi kita akan semakin meningkat, daya kepekaan akan semakin meningkat, daya ingat kita akan semakin tajam. Jadi, tidak gampang pikun,” terang Mbah Yadi.

Tak hanya itu, Mbah Yadi juga menyebut bahwa puasa weton dapat membuat manusia lebih peka terhadap hal ghaib. Bahkan, manusia juga bisa menguasai ilmu penerawangan jika tekun menjalani puasa ini.

“Kita juga akan semakin peka terhadap hal-hal ghaib. Di samping itu, kita juga bisa menerawang atau menguasai ilmu penerawangan. Artinya, kita bisa menerawang masa depan kita dan mengetahui masa lalu kita. Ini kalau betul-betul sering menjalankan puasa weton,” kata Mbah Yadi.

Di sisi lain, puasa weton juga bisa membangkitkan sedulur papat limo pancer yang berarti empat saudara dan menjadi lima sebagai pusatnya. Hal ini membuat manusia memiliki daya tolak bala yang kuat.

“Kita akan mempunyai firasat yang bagus dan tajam. Di samping itu juga, dengan lancarnya kita dengan sedulur papat dan limo pancer, ketika ada persoalan-persoalan yang mengganggu kehidupan kita, secara otomatis akan mempunyai daya tolak bala yang luar biasa karena apa sedulur papat kita sudah bangkit dan membantu kita dan menjaga kita secara alamiah,” jelasnya.

Tak berhenti sampai di sana, manfaat puasa weton secara spiritual juga bisa memperkuat sukma seseorang. Hal ini dapat membantu terkait masalah rezeki, keinginan, ataupun cita-cita seseorang.

Mbah Yadi mengatakan bahwa puasa weton dapat membuka jalan yang besar demi terwujudnya keinginan dan cita-cita tersebut. Pasalnya, puasa ini dapat menghalangi hal-hal negatif yang menghambat tercapainya keinginan tersebut.

Tata cara melaksanakan puasa weton

1. Puasa weton 1 hari

Puasa weton 1 hari adalah puasa yang dilakukan pada hari kelahiran. Misalnya weton kita adalah hari Minggu, maka pada hari Sabtu harus mandi keramas dan sesudah Maghrib sudah mulai melakukan puasa weton. Puasa satu hari ini berlangsung hingga adzan Maghrib di hari selanjutnya, yakni hari Senin.

2. Puasa weton apit

Puasa apit weton dilakukan 1 hari sebelum weton dan 1 hari sesudah weton. Cara pelaksanaan puasa apit weton ini adalah sore sebelum sehari weton harus sudah melakukan mandi dan keramas. Kemudian, puasa sudah dimulai ketika terdengar adzan Maghrib. Orang tersebut tidak boleh makan dan tidak minum hingga adzan Maghrib keesokan harinya. Puasa ini dilakukan selama 3 hari.

3. Puasa weton 4 hari

Puasa weton 4 hari ini cara pelaksanaannya juga sama. Berpuasa setelah Maghrib dan berbuka puasa keesokan hari setelah Magrib juga. Bedanya, puasa ini dilakukan selama 4 hari, 1 hari sebelum weton dan 3 hari setelah weton.

Doa mandi sebelum puasa weton

“Bismillahirrahmannirrahim, niat ingsun adus angedusi sedulurku papat limo badan enem bumi pitu lintang jauhar adusku banyu suci angedusi badan jasmani roso mulyo badan sampurno sampurnane dzatullah idznullah idznurosulullah oleh barokahe kalimah lailahailalah.”

“Niat ingsung puasa weton kerono Allah ta’ala.” Artinya: Aku niat berpuasa pada hari kelahiran karena Allah ta’ala. (**)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: