Dirjen Kemendikbud Puji Penampilan Kidung Karmawibangga Borobudur

BNews–JAKARTA– Komunitas Brayat Panangkaran Borobudur gebrak Pekan Kebudayaan Nasional (PBN) 2019 di Jakarta (8/10). Mereka mementaskan Sendratari Kidung Karmawibangga.

Mereka berasal dari Borobudur Kabupaten Magelang menjadi salah satu mewakili kesenian dari Jawa Tengah. Event tersebut digelar di panggung di Istora Senayan Jakarta Selasa (08/10) oleh Kementrian  Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 7-13 Oktober 2019.

Advertisements


Secara khusus Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Helman Farid mengapresiasi tarian yang mengadaptasi dari relief Candi Borobudur itu.  “Terimakasih atas partisipasi kawan kawan dari Borobudur. Tadi sangat bagus pentasnya,” katanya.


Tari kolosal dari Komunitas seniman tradisional Brayat Panangkaran Borobudur itu menceritakan prahara di kerajaan Kanaya di Bhumi Sambara Budha Borobudur. “Perebutan tahta, kerjaan menjadi terpecah hancur. kisahnya terpahat di panel relief Candi Borobudur,” jelas Sucoro Sesepuh Brayat Panangkaran.

Sebanyak 45 orang terlibat dalam tari itu. Mereka adalah para penari dan penggamel kesenian tradisional Jathilan dari dusun dusun di lereng Gunung Sumbing.

“Seni jathikan merupakan kearifan lokal masyarakat. Penuh kebersamaan dan gotongroyong,” imbuhnya.

Sementara salah satu penari, Dian dari Muntilan mengungkapkan meski sempat terkendala oleh panasnya lantai panggung dan membakar telapak kaki, aksi energik para penari tetap memukau penonton. “Aspek pertunjukan digarap dengan baik seperti bloking, aksesoris kostum dan properti selaras,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa setiap penampilan menuntut kondisi stamina prima agar maksimal. “Apalagi menjadi duta budaya diperhelatan nasional seperti ini,” ujarnya.

“Intensitas gerak membutuhkan tenaga ekstra, kuncinya dengan menjaga pernafasan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: