WOW !! Ternyata Warteg Indonesia Go Internasional, Ada Di 5 Negara Ini

BNews–NASIONAL– Ternyata “Warteg: bukan hanya eksis di Indonesia, tetapi di luar negeri pun banyak warteg punya menu komplet.

Menunya hampir sama seperti mulai dari tempe orek, ayam geprek dan tumis pare. Ada juga rendang jengkol.

Di beberapa negara seperti Korea Selatan, Amerika Serikat bahkan Arab Saudi banyak terdapat tempat makan yang menyajikan makanan khas Indonesia.

Selain berupa restoran, ada juga yang hadir sebagai warung makan layaknya warteg alias warung Tegal.

Mirip di Indonesia, warteg di luar negeri ini juga memajang deretan lauk makanan dalam sebuah etalase. Pengunjung bisa memilih sendiri menu makanan sesuai selera.

Menunya juga tak kalah menggoda. Ada tempe orek, tempe goreng tepung, telur balado, ayam goreng, rendang, tumis pare hingga rendang jengkol. Lauk yang beragam ini menjadikan warteg-warteg di luar negeri punya nasi rames yang tak kalah mantap.

Apalagi warteg ini memiliki area makan yang nyaman dan bersih, beberapa warteg bahkan terlihat mirip restoran dan terkesan mewah.

Soal harga memang lebih mahal karena sebagian besar bahan baku dan bumbu sulit didapatkan. Tak jarang pemilik warteg ini membeli bumbu dari Indonesia agar kualitas rasa makanannya autentik.

Berikut 5 warteg di luar negeri yang punya menu komplet:

1. Warteg Monggo Moro – Jepang

Di Jepang ada warteg Monggo Moro yang berlokasi di kawasan Shinokubo. Warteg ini menyajikan banyak menu makanan Indonesia dan disajikan dalam etalase bertingkat. Pengunjung bisa melihat dan memilih langsung menu yang diinginkan.

Lauk yang ditawarkan beragam mulai dari tempe orek, tempe bacem, tumis pare, ayam goreng, teri balado, ikan balado, hingga kambing rica-rica. Kamu bisa memilih lauk sesuai selera dan disajikan satu piring ala nasi rames. Menu pelengkap khas warteg lainnya yang tak kalah autentik yaitu ikan teri goreng, sayur pare, mie goreng, dan lalapan.

Warteg ini banyak dikunjungi orang Indonesia yang bekerja atau tengah kuliah di Jepang tapi banyak juga warga Jepang yang ketagihan makan di sini. Berbagai menu Indonesia langka seperti ikan asin, jengkol dan pete juga kerap dihadirkan di sini.

2. Hardena – Amerika Serikat

Di Philadelphia, Pennsylvania ada warteg mewah bernama Hardena. Meskipun konsep bangunannya mirip restoran tapi lauk dan makanan di sini dipajang layaknya menu ala warteg.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menu andalan di sini juga beragam mulai dari ayam kalasan, ayam bumbu rujak, ikan asin, tumis cumi asin, tempe goreng dan rendang jengkol. Untuk menu penutup, di sini ada bubur ketan hitam yang disajikan dengan kuah santan.

3. Warteg Bahari dan Warteg Gembul – Korea Selatan

Banyak orang Indonesia tinggal di Korea Selatan untuk bekerja dan menempuh pendidikan. Tren makanan Indonesia di Korea saat ini juga sedang meningkat. Terbukti banyak orang Korea dan idol yang mengetahui dan pernah mencicipi makanan Indonesia.

Di Korsel sendiri ada 2 warteg yang cukup populer. Pertama ada Warteg Bahari yang terletak di kota Gwangju. Warteg ini milik wanita bernama Hana asal Tegal. Menu andalan di sini ada ayam geprek, pecel lele hingga ayam kalasan.

Ada juga Warteg Gembul milik influencer bernama Yannie Kim. Warteg ini menyajikan menu aneka pepes, rendang, hingga bakso.

4. Pandora – Belanda

Bukan hanya warga Indonesia yang tinggal di Belanda saja yang gemar makan makanan Indonesia tapi juga bule Belanda. Kalau kangen dengan makanan Indonesia, ada Pandora, tempat makan yang berkonsep warteg.

Menu yang ditawarkan ada telur balado, rendang, gulai ayam, daging balado, ayam kecap, sambal goreng tahu pedas, sayur lodeh, capcay, hingga urapan. Penyajian menu makanan ini juga di dalam etalase khas warteg.

5. Warung Tegal – Arab Saudi

Di Arab Saudi bukan hanya ada bakso dan soto ayam yang terkenal, tapi juga ada warteg. Namanya Warung Tegal dan menyajikan makanan khas warteg di Indonesia.

Menu andalan di sini ada mie goreng, tempe orek, rendang dan sayur sop. Mau mengobati rindu dengan masakan Indonesia, coba pesan nasi rames. Selain digemari orang Indonesia, masakan di warteg ini juga bikin banyak orang Arab ketagihan. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: