Ditolak Warga BBWSO Batal Turunkan Surat Rekomendasi Normalisasi Sungai

BNews–DUKUN– Penolakan warga Merapi soal penambangan dengan alat berat sedikit membuahkan hasil. Surat jawaban dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) sudah turun setelah warga mengirimkan surat pernyataan menolak.

Surat balasan BBWSSO menyetujui surat penolakan masyarakat tiga desa Sengi, Paten dan Sewukan Kecamatan Dukun Magelang atas rencana normalisasi dan penambangan di Kali Tringsing. Dengan demikian jika ada penambangan alat berat di Kali Tringsing adalah tidak berijin alias ilegal.
Kasi Perijinan BBWSSO Rusdiansyah saat diklarifikasi membenarkan surat tersebut. “Kami sudah mengeluarkan surat berisi persetujuan atas penolakan warga terhadap rencana normalisasi dan penambangan di Kali Tringsing,” katanya (14/12) malam.
“ Surat BBWSSO tersebur ditandatangani langsung oleh Kepala BBWSSO Ir Tri Bayu Adji MA,”imbuhnya.
Ia menyebutkan sejauh ini ada empat permohonan ijin penambangan di alur Kali Tringsing. Namun karena ada keberatan dari masyarakat kegiatan penambangan tidak bisa dilakukan. 
“Penambangan alat berat di Kali Tringsing hanya bisa dibenarkan jika ada ijin dan persetujuan dari masyarakat setempat, Kecuali ada ijin masyarakat, seluruh penambangan adalah ilegal,” paparnya.
Kasi Kesra Desa Sengi Purnomo menyambut baik balasan surat BBWSSO yang sesuai dengan aspirasi masyarakat.” Atss surat tersebut sekarang warga tiga desa hanya berharap pemerintah tidak mengeluarkan rekomendasi teknis (rekomtek) dan ijin penambangan di Kali Tringsing,”pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: