Doa Niat Membayar Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri Istri & Anak dengan Terjemahan

BNews—MAGELANG— Menjelang akhir bulan Ramadan, umat muslim banyak yang mendatangi masjid untuk membayar zakat fitrah. Tidak sedikit yang menyebutnya dengan zakat fitri.

Membayar zakat fitrah di bulan Ramadan merupakan wujud menyucikan diri. Di samping itu bentuk kepedulian terhadap sesama.

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan pada Idul Fitri. Sebagaimana hadist Ibnu Umar RA.

”Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau SAW memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadan. Memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri. Besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kilogram atau 3,5 liter perjiwa.

Sementara itu, ulama asal Mesir Shaikh Yusuf Qardawi membolehkan orang membayar zakat fitrah dalam bentuk uang yang setara dengan satu sha’ gandum, kurma atau beras. Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras di pasaran.

Doa Niat Bayar Zakat

Nawaitu an ukhrija zakaata al fitri an nafsi fardhan lillahi ta’ala. (Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri fardhu karena Allah Taala).

Doa Niat Zakat untuk Istri

Nawaitu an ukhrija zakaata al fitri an zaujati fardhan lillahi ta’ala (Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istri saya fardhu karena Allah Taala)

Doa Niat Zakat Fitrah untuk Anak Lelaki

Nawaitu an-ukhrija zakaata al fitri an waladi fardhan lillahi ta’ala…. (sebutkan nama anak) fardhu karena Allah Taala)

Doa Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri an binti fardhan lillahi ta’ala (Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuan saya… (sebutkan nama anaknya) fardhu karena Allah Taala. (han)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!