Drone Jatuh di Candi Borobudur

BNews—BOROBUDUR—Tersiar kabar bahwa ada drone yang jatuh di bangunan Candi Borobudur. Hal ini pun mendapat perhatian dari Masyarakat Advokasi Warisan Budaya.

Mereka meminta pengelola Candi Borobudur mengonfirmasi kabar jatuhnya drone di bangunan candi. Sebab insiden tersebut bisa saja menyebabkan rusaknya bangunan Borobudur yang merupakan warisan budaya dunia.

Pemerhati dan praktisi kebijakan heritage (warisan budaya), Masyarakat Advokasi Warisan Budaya, Johannes Marbun, mengungkapkan bila kabar ini benar, maka pengelola Borobudur harus menjelaskan kronologi kejadiannya.

”Benar ada drone (terbang) di atas Borobudur. Tapi belum terkonformasi tanggalnya kapan. Konfirmasi ada yang melihat drone itu benar. Cuma melihat saja, belum terkonfirmasi,” kata dia, Senin (26/10/2020) malam. Dikutip dari SuaraJawaTengah.id.

Dia pun meminta pengelola Borobudur terbuka memberikan laporan. Apalagi bila jatuhnya drone kemungkinan merusak sebagian bangunan candi.

”Itu bagian dari tanggung jawab yang harus mereka informasikan kepada publik. Ini (juga) menjadi catatan bagi publik agar lebih aware saat beraktivitas di Borobudur. Tidak hanya dari sisi pengelola, tapi juga dari pemanfaat Borobudur,” jelas dia.

Dia mengaku bahwa saat ini masih mengumpulkan beberapa informasi terkait kabar jatuhnya drone menimpa Candi Borobudur tersebut. Dia menyebut, belum mengetahui jenis dan berat drone yang dikabarkan jatuh itu.

Loading...
Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

”Borobudur sebagai bangunan warisan dunia harus dijaga kelestariannya. Menjaga kelestarian Borobudur tidak hanya menjadi perhatian Indonesia, tapi masyarakat internasional,” tandasnya.

Selain aspek melindungi dalam prinsip pelestarian, lanjut Marbun, juga ada aspek mengembangkan, dan memanfaatkan bangunan cagar budaya. Dibutuhkan perhatian yang detail dan spesifik dalam upaya pelestarian tersebut.

”Ini kaitannya dengan usianya (Borobudur) yang tua. Bagaimana memastikan kondisinya tetap baik. Keamananya juga harus tetap terjamin,” ujarnya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu terdapat kabar sebuah drone jatuh di atas Candi Borobudur. Drone jatuh menghempas lantai namun diinformasikan tidak menyebabkan kerusakan pada candi. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: