Dua Pelaku Pencurian 18 Traktor Ditangkap, Salah Satunya Warga Asal Magelang

BNews–JATENG-– Dua pelaku pencurian belasan traktor di lima kabupaten di Jawa Tengah akhirnya ditangkap polisi. Mereka adalah Handoko (37) warga Bantul dan Gesang Fajar (37),warga Magelang.

Mereka ditangkap Satreskrim Polres Purworejo setelah menggasak 18 traktor sawah di lima kabupaten berbeda. Kedua pelaku telah beraksi di Kabupaten Sukoharjo, Klaten, Magelang, Kulon Progo dan Purworejo.

Kasat Reskrim AKP Khusen Martono menjelaskan, para pelaku ditangkap setelah adanya laporan dari kelompok tani Maharani Kelurahan Sucenjurutengah, Kecamatan Bayan, yang anggotanya kehilangan traktor di persawahan.

“Kedua pelaku tersebut sudah 18 kali melakukan pencurian mesin traktor yang berada di area persawahan. Di antaranya di Kabupaten Klaten 5 unit, Sukoharjo 2 unit, Magelang 2 unit, Kulonprogo 1 unit dan di Purworejo 8 unit traktor,” kata khusen Pada Jumat (23/12/2022).

Di Kabupaten Purworejo, kedua pelaku beraksi di sejumlah tempat yakni Kecamatan Purwodadi, Ngombol, Banyuurib, Grabag dan Kemiri. Semua tempat tersebut berada di area persawahan, yang mana traktor petani yang tidak dibawa pulang.

“Setelah mendapat laporan, kemudian tim melakukan penyelidikan dan pada tanggal 12 Desember kemarin berhasil mengamankan kedua tersangka,” kata dia.

Sejumlah barang bukti juga turut diamankan yakni satu unit traktor, satu buah kunci ring yang digunakan mencuri, dan satu unit mobil Gran Max, warna hitam bernomor polisi AA 1896 MY untuk mengangkut barang curian.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Kita juga mengamankan satu buah tali dan kayu yang digunakan pelaku untuk mengangkut traktor dari sawah ke mobil pelaku,” kata dia.

Khusen mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap tindak pencurian. Warga bisa langsung melaporkan jika ada orang asing yang dicurigai akan bertindak melakukan pencurian ke polsek terdekat.

“Kalau ada alat pertanian tolong diamankan, jagan ditinggal di sawah sebisa mungkin dibawa pulang. Segera lapor jika ada orang yang mencurigakan,” tandasnya. (*/disadur dari Kompas)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: