Dua Tahun Vakum, Festival Candi Ngawen Muntilan Kembali Digelar Dengan Meriah

BNews–MAGELANG-– Akhirnya Festival Candi Ngawen digelar kembali setelah dua tahun vakum ditiadakan. Dimana acara tersebut digelar di sekitaran Candi Ngawen Desa Ngawen Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang mulai kemarin (26/8/2022).

Dihari pertama setelah pembukaan, ratusan anak-anak turut hadir memeriahkan dengan lomba menggambar dan mewarnai. Mereka berlomba untuk menangkap keindahan panorama Candi Ngawen ke dalam bentuk gambar kreatif.

Anak-anak tersebut berasal dari PAUD atau TK yang mengikuti lomba mewarnai. Sedangkan, lomba menggambar untuk SD atau MI dari kelas 4 hingga 6.  Setiap siswa mendapatkan pendampingan dari guru atau orang tuanya.

Mereka dituntut untuk menggambar dengan mengekspolrasi pemandangan Candi Ngawen. Ada yang menggambar candi, pohon, rerumputan, gapura, dan benda-benda disekitarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang Azis Amin Mujahidin merasa bangga dan mengapresiasi. Sebab, selain pendidikan kegiatan ini sarat dengan seni budaya dan ekonomi.

“Ini semangat baru untuk membangkitkan wisata dan ekonomi masyarat. Kami sangat mendukung acara ini yang juga melibatkan pelajar,” katanya setelah membuka Festival Candi Ngawen.

Sementara Kepala Desa Ngawen Daru Hapsari mengungkapkan, lomba menggambar dan mewarnai ini diikuti oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Magelang. Terdapat sekitar 700 anak yang berpartisipasi.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Agenda ini dilaksanakan selama tiga hari. Besok juga ada kirab budaya mengarak 27 nasi tumpeng dan sego wiwit dari 10 dusun,” jelasnya.

Ketua Panitia Festival Candi Ngawen Yuli Antaka Sajlis mengungkapkan, kegiatan tahunan ini dalam rangka untuk memikat wisatan. Sebagai desa wisata berbasis masyarakat kunjungan wisatawan berarti penting.

Selain itu, katanya juga visa menunjukkan ikon desa hingga ke nasional. “Potensi yang ada di masyarakat terangkat dan menggairahkan roda ekonomi. Sebab di sini juga terdapat wisata religi, wisata alam tubing, dan cagar budaya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, selain acara tersebut masih banyak rangkaian kegiatan dalam Festival Candi Ngawen 2022 ini. Mulai dari Kirab Budaya hingga konser musik dengan bintang tamu Om Wawes. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: