Duh.. Angka Kriminalitas di Kulon Progo Jogjakarta Naik 2 Kali Lipat

BNews—JOGJAKARTA— Kasus kriminalitas yang terjadi di Kulon Progo sepanjang tahun 2020 meningkat dua kali lipat dari tahun lalu. Kenaikan kasus signifikan berasal dari penemuan mayat dan orang meninggal mendadak.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Tartono menuturkan, pihaknya terus berupaya secara intens mengungkap dan menangani kasus-kasus kriminal dan narkotika sepanjang tahun. Dalam catatan akhir tahun Polres Kulon Progo terungkap, kasus kriminal pada 2020 meningkat sekitar 121,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

”Pada 2020 angka kriminalitas sebanyak 536 kasus. Jumlah ini meningkat tajam dari tahun sebelumnya yang hanya 294 kasus,” tutur Tartono dalam jumpa pers perkembangan situasi kamtibmas sepanjang 2020 di Aula Mapolres Kulon Progo, baru-baru ini.

Peningkatan kasus, tidak hanya terjadi pada kriminalitas saja, melainkan juga narkoba. Kasus narkoba naik sebanyak sembilan kasus pada 2020 dibanding tahun sebelumnya.

Tartono menjelaskan, sejak awal tahun 2020, pihaknya sudah menginstruksikan kepada anggota untuk menangani peristiwa nonpidana dan kasus pidana. Karenanya, catatan terkait kasus penemuan mayat dan orang meninggal mendadak menjadi banyak.

Untuk kasus penemuan mayat di Kulon Progo, meningkat menjadi 28 kasus dari tahun sebelumnya. Peningkatan juga terjadi pada kasus orang meninggal mendadak menjadi 28 kasus dari tahun sebelumnya yang hanya satu kasus.

Selain menangani kasus penemuan mayat dan orang meninggal mendadak, Petugas Polres Kulon Progo juga menangani kasus nonpidana lain. Diantaranya bunuh diri, tenggelam dan hanyut di sungai, tersengat listrik, tertabrak kereta api, terperosok ke dalam sumur, meninggal dunia disebabkan sakit.

Kemudian kecelakaan laut, jatuh dari pohon, tanah longsor, pohon tumbang, tercebur di galian proyek hingga temuan kendaraan bermotor. Kasus-kasus nonpidana ini biasanya dilewatkan, namun kini menjadi perhatian.

”Hasilnya akan terus kami evaluasi,” terangnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: