Duh…Mau Naik Ke Candi Borobudur Wajib Bayar 100 Ribu Untuk Pemandu

BNews-BOROBUDUR– Banyak wisatawan yang belum mengetahui kebijakan baru saat berkunjung ke kawasan wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah. Pasalnya ada kebijakan baru yang dikeluarkan Balai Konservasi Candi Borobudur.

Seperti yang diinfromasikan oleh akun resmi @Borobudurpark , dimana terdapat kebijakan baru bagi wisatawan yang berkunjung (23/8/2020). Khususnya bagi yang akan naik ke pelataran Candi Borobudur, karena belum bisa naik ke bangunan candinya.

“Berdasarkan kebijakan terbaru terkait protokol Normal Baru dari otoritas pengelola Balai Konservasi Candi Borobudur, di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” tulis awalnya.

“Berlaku kebijakan bagi pengunjung yang hendak menaiki Pelataran Candi Borobudur. Guna menambah nilai edukasi dan kecintaan akan sejarah bangsa Indonesia, pengunjung yang memasuki Pelataran Candi akan dikenakan tarif tambahan untuk jasa pemandu yang disediakan oleh Balai Konservasi Borobudur, yang berada di depan pintu masuk Zona 1,” tulisnya.

Dan sontak hal itu membuat banyak pertanyaan dari para netizen terkait kebijakan tersebut. Dalm kolom komentarnya terdapat tanya jawab yang diladeni oleh admin @Borobudurpark.

Dan disebutkan dalam beberapa komentar, bahwa tarif tambahan tersebut yakni biaya untuk pemandu wisatanya. Karena syarat untuk sampai ke pelataran atau zpna 1 Candi Borobudur diwajibkan memakai pemandu wisata.

“Sesuai kebijakan terbaru dari BKB tersebut di atas, pengunjung yg menginginkan untuk masuk ke Pelataran Candi, diwajibkan menggunakan guide berbayar,” tulis @Borobudurpark dalam kolom komentar.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Untuk tarif pemandu sendiri, disebutkan Rp 100 ribu/pemandu. Dimana setiap pemandu maksimal untuk 20 orang bagi yang rombong.

“Kisaran 100rb/pemandu, masing-masing pemandu maks memandu 20 orang dalam 1 rombongan,” tulisnya.

Dan dalam komentar tersebut juga dijelaskan bahwa pemandu tersebut berlaku juga bagi wisatawan privat atau solo traveller.

Yakni mau jumlahnya 1-20 orang harus memakai pemandu wisata.

Seperti pertanyaan dari akun cuprit.prit, “klo gk mau pake pemandu gimana? secara solo traveler. Dan dijawab @Borobudurpark tidak bisa masuk ke Pelataran Candi kak kalau tdk dengan pemandu,” timpanya.

Hal itu menimbulkan banyak pro kontra dalam komentarnya. Seperti akun @sofia_yasmien24 yang menuliskan “Jadi pikir-pikir deh mau kesana,” tulisnya. (bsn)

MAU PAKET WISATA DI MAGELANG (KLIK DISINI)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: