Duh…Jalur Tol di Magelang Lewati 15 Mata Air

BNews—MUNGKID— Rencana Pembangunan Jalan Tol Bawen Jogjakarta masih terus berproses. Namun, dalam trase awal disebutkan jalur tersebut akan melewati 15 mata air di Kabupaten Magelang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur Bappeda Magelang, Didik K. Sofyan di sela sela mendamping Kenkomaritim saat mengecek pembangunan kawasan strategis Pariwisata Nasional Borobudur, kemarin (20/12). Menurutnya, dalam rancangan tol yang melintas di Kabupaten Magelang ada 15 mata air yang terlewati.

“Untuk itu kami meminta supaya jalur ini direvisi kembali. Kami khawatir mata air itu akan hilang,” kata dia.

Mata air itu kata dia berada di sepanjang Secang hingga Mungkid. Untuk itu dia berharap ada diskusi lanjutan terkait jalur ini. “Mata air itu jadi andalan pertanian dan kebutuhan air masyarakat,” papar dia.

Selain itu, dia juga menyampaikan keinginan Pemkab Magelang untuk merubah pintu Exit Tol dari Muntilan ke Palbapang Mungkid. “Di Muntilan jalurnya sempit hanya sekitar enam meter. Kami berharap bisa tersentral disini,” kata dia.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenkomaritim Ridwan Jamaluddin mengatakan pembangunan Jalan Tol Bawen Jogja masih dalam proses pembahasan. Sehingga dia berharap masukan masukan dari Pemkab Magelang bisa segera disampaikan.

“Kalau melewati mata air tentu akan direvisi,” papar dia.

Loading...

Pembangunan Jalan Tol Bawen Jogja sendiri rencananya akan dibangun pada tahun 2021 mendatang. Tol akan menjadi salah satu bangunan penyangga KSPN Borobudur. (jar/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: