Mengganggur, Pria di Jogja Bawa Kabur Barang Paket dan Bobol Rumah

BNews—Yogyakarta—Seorang pria berinisial DZ,24, warga Umbulharjo, Yogyakarta harus berurusan dengan jajaran Polsek Umbulharjo. Karena membobol rumah dan membawa kabur barang berharga.

Kapolsek Umbulharjo Kompol Achmad Setyo Budiantoro mengungkapnya, pelaku diamankan pada Minggu (21/6/2020) sekira pukul 17.00 WIB. ”Pelaku diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Umbulharjo. Dirinya melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan,” ungkap Setyo, kemarin (28/6/2020).

Setyo menjelaskan, peristiwa penangkapan bermula saat ada laporan dari PT Mega Finance. Pihak perusahaan tersebut melaporkan pelaku karena diduga membawa barang milik mereka yakni paketan berupa gelas dan selang.

”Pada Jumat (19/6/2020), Pelaku menerima barang dari jasa pengiriman yang ditujukan kepada PT Mega Finance. Tetapi, malah dibawa pulang,” jelas dia.

Ketika dilaporkan, pelaku kedapatan membawa dua tas yang berisi sebuah laptop dan beberapa barang lainnya. Kemudian, pelaku beserta barang bukti langsung dibawa ke kantor Polsek Umbulharjo untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

”Laptop yang dibawa pelaku, diakuinya merupakan hasil curian di sebuah rumah kontrakan yang ada di Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta,” imbuh Setyo.

Lanjutnya, ketika itu rumah kosong karena ditinggal oleh pemiliknya yang bernama Aka Madya Wiratama, warga Ngawi, Jawa Timur. Pelaku melakukan aksinya pada Minggu (21/6/2020) sekira pukul 13.00 WIB.

“Pelaku melancarkan aksinya dengan cara merusak pintu samping rumah dengan menendang menggunakan kaki kanannya,” tutur Setyo.

Menurut pengakuan pelaku, setelah merusak pintu samping kemudian ia membuka grendel yang kebetulan tidak digembok. Pelaku pun berhasil masuk dan menggasak barang-barang yang ada di rumah tersebut.

“Barang curian yang berhasil didapat, dibawa menggunakan dua tas gendong miliknya dan rencananya akan dijual kemudian hasilnya akan digunakan untuk keperluan sehari-hari,” kata Setyo.

Tambahnya, motif pelaku adalah himpitan ekonomi karena menganggur di tengah pandemi Covid-19 saat ini. “Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dihukum dalam pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: