FK PKBM Magelang Gelar Wisuda Secara Online

BNews—MAGELANG—Ditengah pandemi Covid-19, FK PKBM Kabupaten Magelang menggelar wisuda online bagi lulusan Program Paket B dan Paket C tahun 2020. Berada di 16 lokasi berbeda secara serentak pada Jumat (26/6/2020).

Ketua FK PKBM  Kabupaten Magelang Zaenal Afifudin menuturkan wisuda serentak dengan 16 lokasi berbeda tersebut baru pertama kali dilakukan. Dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan juga dengan channel Youtube.

”Meski pandemi namun kami ingin memberikan apresiasi dan motivasi bagi peserta yang telah berhasil mencapai kelulusan,” tuturnya.

Dia menjelaskan, 16 lokasi tersebut adalah SKB, Taman Dewanta Ngablak, Ngudi Ilmu Sawangan, Ngudi Ilmu Tegalrejo,  Ngudi ilmu Salaman, Aula Grabag. Kemudian di Lestari Nugoho Windusari, Amanah Kaliangkrik, Pancabakti Mungkid, Sukocendikia Mertoyudan.

”Ada juga di Agung Sari Makaryo Srumbung, Widya Ilmu Dukun, Wahana Wiyata Borobudur, Ibnu Hajar Salam, Pesantren Bandungan, Cahaya Gemilang Tempuran dan Harapan Bangsa Salaman,” jelasnya.

Menurut Zaenal yang juga menjabat jadi Direktur PKBM Taman Dewanta Ngablak tersebut, Ujian Nasional 2020 tidak dilaksanakan karen pandemi. Meski demikian PKBM Kabupaten Magelang mampu meluluskan 1097 warga belajar Paket C (SMA) dan 187 warga belajar Paket B (SMP).

”Tidak ada Ujian Nasional tahun ini dan nilai kelulusan diambil dari nilai semester satu hingga enam dan ujian kesetaraan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kab Magelang Azis Amin Mujahidin pun mengapresiasi kegiatan wisuda online serentak di 16 lokasi tersebut. Menurutnya kelulusan warga belajar kesetaraan  ini memberikan kontribusi yang berarti terhadap IPM ( Indeks Pembangunan Masyarakat) Kabupaten Magelang.

”Data tahun 2019, harapan lama sekolah Kabupaten Magelang selama 12,53 tahun dan rata rata lama sekolah 7,7 tahun. Jika setiap tahun, PKBM Kabupaten Magelang meluluskan ribuan warga belajar, maka IPM Kabupaten Magelang akan meningkat,” bebernya.

Temukan Musik Keren Disini

Azis menegaskan wajib belajar 9 tahun, jangan sampai ada anak tidak sekolah (ATS) di Kabupaten Magelang. Kemudian untuk warga yang telah lulus Paket B (SMP) pertajam intelektualnya lanjutkan ke jenjang berikut.

”Untuk yang lulus Paket C, lanjutkan ke perkuliahan, Khusus di Magelang ada Universitas Terbuka (UT), silahkan daftar. Bagi yang langsung terjun ke masyarakat semoga ilmunya bisa diterapkan dan bermanfaat dan yang kerja jadilah pekerja yang professional,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: