FKSM Gelar Festival Pasar Rakyat di Salaman

BNews—SALAMAN— Festival Pasar Rakyat (FPR) 2019 akan digelar di Pasar Salaman Kabupaten Magelang tanggal 4 hingga 5 Oktober 2019 mendatang. Dengan mengangkat tema Pasar Tumandang event ini digelar oleh Forum Komunitas Senibudaya Magelang (FKSM) bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Pemkab Magelang.

Ketua Panitia Kegiatan, Andritopo Senjoyo mengatakan bahwa FPR 2019 sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat, agar setia menjadi bagian dari pasar rakyat Indonesia. “Dengan rangkaian kegiatan pemberdayaan, edukasi, kesenian dan budaya untuk mendorong pasar menjadi ruang publik,” katanya (1/10).

Advertisements


Sebagai pra kegiatan, pihaknya mengaku sudah melakukan beberapa kegiatan wara-wara di beberapa titik. “Kami lakukan wara-wara dengan unik di Pasar Borobudur, pertigaan Artos, pertigaan Pakelan, pertigaan Pasar Salaman dan Palbapang. Pengumuman dengan tema Pasar Wiwitan ini bermakna mulai merupakan simbol dari langkah budaya masyarakat Jawa ketika akan memulai sesuatu,” imbuhnya.

Andritopo mengungkapkan juga untuk rangkaian kegiatan utama FPR 2019 di Salaman Magelang yakni intinya dalam bentuk fisik bakti sosial dan kerja bakti. Menggunakan tema “Pasar Tumandhang” dari kata pasar dan “tumandhang” yang bermakna “tandhang gawe”.


BACA JUGA : Menangis di Malam Hari Bisa Turunkan Berat Badan

“Maksudnya yaitu turut bekerja bersama untk sebuah tujuan yang mulia dalam masyarakat. Kegiatan ini merupakan langkah budaya masyarakat Jawa dalam proses kebudayaan dengan menunjukkan makna sisi solidaritas dalam bekerja.,” ungkapnya.

Nantinya Kegiatan ini berlokasi di Pasar Salaman area Pasar Utama dan area Pasar Hewan, pada Jumat (4/10) 07.30 – 16.00 WIB. Bentuk kegiatannya adalah kerja bakti bersih-bersih pasar. Kemudian juga digelar kegiatan sketsa pasar & hunting foto bareng serta kegiatan pengajian.

“Serta masih banyak kegiatan kesenian budaya lainnya pada Sabtu dan Minggu (4-5/10). Kami harap masyarakat datang dan turut bergabung dalam kegiatan ini,” pungkasnya.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: