Asyik Berwisata Sambil Belajar di Rumah Tenun Magelang

BNews—WISATA— Kabupaten Magelang memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya Rumah Tenun Magelang. Destinasi ini mengusung konsep wisata edukasi terkait penenunan serat alam.

Wisata Rumah Tenun Magelang ini berada di jalan raya Bandongan – Kaliangkrik Km 7, Tonoboyo, Bandongan Magelang. Di sini, pengunjung akan diajak berkeliling untuk melihat proses pengolahan serat alam.

Mulai dari pengenalan tanaman-tanaman yang digunakan sebagai serat untuk ditenun. Kemudian cara mengambil serat dari tanaman tersebut, pewarnaan, penyambungan hingga penenunan serat alam.

Pengunjung juga bisa mencoba untuk menenun serat-serat alam tersebut menjadi sebuah produk. Setelah itu, pengunjung akan disuguhkan dengan makanan-makanan khas Jawa Tengah dan minuman jamu seperti beras kencur serta kunir asem.

”Untuk wisata ini, buka setiap hari Senin hingga Sabtu. Pada Senin-Jumat buka mulai pukul 10.00 sampai 15.00 WIB, sedangkan Sabtu mulai pukul 10.00-14.00 WIB,” kata Kepala Rumah Tenun Magelang, Saleh, Rabu (22/12/2021).

Bagi wisatawan yang mau berkunjung ke Rumah Tenun Magelang ini, bisa reservasi dan memilih paket wisata. Yakni mulai dari harga Rp 120 ribu, Rp 150 ribu, Rp 200 ribu, Rp 300 ribu dan Rp 400 ribu.

Salah satu wisatawan asal Semarang, Margareta Nina mengungkapkan bahwa dirinya mendapat pengalaman baru saat berkunjung ke Rumah Tenun Magelang.

”Cukup menarik dan edukatif. Disini kita diberi tahu mulai dari serat-serat tanaman, proses pengolahan serat, bahkan tadi (saya) sempat belajar menenun,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: